Berpikir kritis menjadi hal penting di era pendidikan saat ini. Cara mengembangkan pemikiran kritis siswa diterapkan oleh banyak guru baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam pendidikan bahasa Inggris, berpikir kritis juga memainkan peran penting dalam pengembangan siswa dalam memahami pelajaran. Pemikiran kritis siswa memiliki peran besar dalam pengembangan keterampilan bahasa siswa. Dari empat kemahiran berbahasa Inggris siswa, kemampuan berbicara siswa adalah salah satu keterampilan yang mendukung yang mendukung pemikiran kritis siswa. Salah satu cara untuk mendukung pemikiran kritis siswa melalui keterampilan berbicara adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran metakognitif siswa. Menurut para ahli, strategi metakognitif siswa dapat mendukung keterampilan berpikir kritis siswa.
Namun, melihat banyak strategi pembelajaran metakognitif yang tersedia, itu membuat siswa sulit untuk mengembangkan pemikiran kritis mereka. Melihat hal ini, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan menemukan strategi pembelajaran apa yang digunakan siswa untuk mendukung keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi alasan siswa dalam memilih strategi yang mereka sukai. Peneliti fokus pada siswa sekolah menengah dan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Akibatnya, dari banyak strategi yang tersedia, produksi tertunda adalah strategi pembelajaran yang paling sering digunakan oleh siswa untuk mendukung kemampuan berpikir siswa. Siswa juga berpendapat bahwa strategi ini mudah digunakan dan memudahkan mereka untuk memahami informasi yang mereka dapat. Selain itu, peneliti juga menemukan satu strategi yang kurang banyak digunakan oleh siswa, yaitu menyimpulkan. Siswa berasumsi bahwa strategi tersebut cukup sulit diterapkan di kelas. Menurut para ahli, Inferencing memang merupakan strategi yang cukup sulit bagi siswa untuk diterapkan sehingga strategi tersebut hanya cocok untuk orang dewasa. Para ahli percaya bahwa dalam menerapkan strategi menyimpulkan perlu banyak latihan dan pelatihan untuk membantu peserta didik menerapkan strategi ini dalam mendukung pemikiran kritis mereka.
Critical thinking becomes an important thing in the current era of education. The way to develop students' critical thinking is applied by many teachers both directly and indirectly. In English education, critical thinking also plays an important role in the development of students in understanding lessons. Students 'critical thinking have a big role in the development of students' language skills. From four students' English proficiencies, students' speaking ability is one of the supportive skill that supports students' critical thinking. One way to support students’ critical thinking through speaking skills is to use students' metacognitive learning strategies. According to experts, students' metacognitive strategies are able to support students' critical thinking skills.
However, seeing the many metacognitive learning strategies that available, it make student difficult to develop their critical thinking. Seeing this, researchers conducted research with the aim of discovering what learning strategies students used to support students' critical thinking skills. Another aim of this research is also to explore the reason of the students in choosing their preferred strategy. The researcher focused on high school students and the researchers used a qualitative approach. As a result, of the many strategies available, delayed production is the learning strategy most often used by students to support students' thinking abilities. Students also argue that the strategy is easy to use and makes it easy for them to understand the information they can. In addition, researchers also found one strategy that was less used by students, namely inferencing. Students assume that the strategy is quite difficult to apply in class. According to experts, Inferencing is indeed a strategy that is quite difficult for students to apply so that the strategy is only suitable for adults. Experts believe that in applying inferencing strategy it needs a lot of drills and training in order to help learners apply this strategy in supporting their critical thinking.