Quill untuk Mengajar Menulis Teks Recount di Sekolah Menengah Atas
Quill for Teaching Writing of Recount Text in Senior High School
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi Quill untuk pengajaran menulis dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa atau tidak. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan aplikasi Quill untuk mengajar menulis pada siswa kelas X SMAN 1 Dawarblandong. Peneliti menggunakan metode penelitian pra-eksperimental. Pesertanya adalah siswa kelas X SMAN 1 Dawarblandong. Data lain dikumpulkan dari observasi, tes, dan wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa pengajaran menulis menggunakan aplikasi Quill meningkatkan keterampilan menulis siswa. Selain itu, hasil wawancara menunjukkan respon siswa terhadap penerapan aplikasi Quill dalam pembelajaran menulis teks recount. Kelebihan dan kekurangan penerapan aplikasi Quill ditemukan berdasarkan observasi dan wawancara.
Kata kunci: keterampilan menulis, tata bahasa, aplikasi Quill.
The aims of this research were to find out whether the use of Quill application for teaching writing can improve the students' writing skills or not. Moreover, this study intends to describe the students’ responses toward the implementation of Quill application to teach writing for tenth-grade students of SMAN 1 Dawarblandong. The researcher used pre-experimental research. The participants were tenth-grade students in SMAN 1 Dawarblandong. The other data were collected from observation, tests, and interviews. The result indicated that teaching writing using the Quill application improved the students' writing skills. In addition, the result of the interview showed the students’ response of the implementation of Quill application in teaching and learning writing recount text. The advantages and disadvantages of implementing the Quill application were found based on the observation and interview.
Keywords: writing skill, grammar, Quill application.