PENGARUH PERMAINAN TEPUK SERVICE TERHADAP HASIL BELAJAR KETEPATAN SERVICE BAWAH BOLAVOLI
THE EFFECT OF SERVICE GAME ON THE LEARNING OUTCOMES OF SERVICE ACCURACY UNDER VOLLEYBALL
Bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam materi wajib pada pembelajaran PJOK yang harus diterapkan di sekolah-sekolah. Pembelajaran bolavoli diduga dapat membantu mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan siswa, meningkatkan komponen kebugaran jasmani siswa, seperti: daya tahan kekuatan, power, kelentukan, kelincahan, keseimbangan, dan gerak kordinasi. Modifikasi adalah cara merubah bentuk sebuah objek dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik tanpa harus menghilangkan fungsi aslinya, serta menampilkan bentuk yang lebih bagus. Konsep modifikasi merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh para guru agar proses pembelajaran dapat mencerminkanDevelopmentally Appropriate Practice (DAP). Penelitian ini peneliti menggunakan perhitungan statistik analisis data program komputer Statistical Package For Social Science (SPSS) IBM 21.0. Ada pengaruh permainan modifikasi service terhadap hasil belajar ketepatan service bawah bolavoli pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Surabaya dibuktikan dengan hasil t hitung sebesar 2,312 > T Tabel sebesar 1,699 pada taraf signifikansi 0,02 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya pengaruh sebelum dan setelah diberi perlakuan berupa permainan tepuk service terhadap hasil belajar ketepatan service bawah bolavoli pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Surabaya adalah meningkat sebesar 9,30% Kata Kunci : Permainan Tepuk Service, Ketepatan Service Bawah
Volleyball is one of the sports included in the compulsory material for PJOK learning that must be applied in schools. Volleyball learning is thought to help optimize student development and growth, improve students' physical fitness components, such as: endurance strength, power, flexibility, agility, balance, and coordination movements. Modification is a way to change the shape of an object from less attractive to more attractive without having to lose its original function, and display a better shape. The concept of modification is one of the efforts that can be done by teachers so that the learning process can reflect Developmentally Appropriate Practice (DAP). This study researchers used statistical calculations of data analysis of IBM's Statistical Package For Social Science (SPSS) 21.0 computer program. There is an influence of service modification games on the learning outcomes of service accuracy under volleyball in grade X students of SMK Negeri 5 Surabaya as evidenced by the results of t count of 2.312 > T Table of 1.699 at the level of significance 0.02 < 0.05 which means that Ha is accepted and H0 is rejected. The magnitude of the influence before and after being treated in the form of service modification games on the learning outcomes of service accuracy under volleyball in grade X students of SMK Negeri 5 Surabaya increased by 9.30% Keywords: Service Games, Service Accuracy Under