Pengembangan Panduan Parenting Berbasis Android untuk Meningkatkan Komunikasi Verbal Anak Spektrum Autis
Android-Based Parenting Guide Development to Improve Verbal Communication of Autistic Spectrum Children
Kurangnya kemampuan komunikasi verbal anak autis dalam kehiduan sehari-hari dan minimnya pemahaman orangtua mengenai cara mengajarkan komunikasi verbal pada anak autis menjadi kendala untuk perkembengan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan panduan parenting berbasis android untuk orangtua mengajarkan komunikasi verbal pada anak autis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini hanya akan dilaksanakan 3 tahap pengembangan yaitu definisi, desain, dan pengembangan. Penelitian ini hanya dilaksanakan sampai pada tahap pengembangan karena adanya pandemi Covid-19 sehingga belum memungkinkan untuk dilakukan uji coba. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli yang meliputi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan parenting berbasis android yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan sehingga layak digunakan. Aspek kevalidan ditunjukkan hasil validasi media sebesar 77%, dan hasil validasi materi sebesar 78,6%. Berdasarkan nilai uji validitas dapat diinterpretasikan bahwa panduan parenting berbasis android untuk meningkatkan komunikasi verbal anak spektrum autis valid untuk diimplementasikan secara terbatas dan di evaluasi kembali.
The lack of verbal communication ability on children with autism in everyday life and the lack of parents’ understanding of the verbal communication teaching approach to children with autism becomes obstacles for the development off communication. This study aims to determine the feasibility of android-based parenting guide for parents to teach verbal communication to children with autism. The method used in this study are 4D, involving stages of Define, Design, Develop, and Disseminate. This study exclusively applies the three of the above stages, i.e. definition, design, and developmen This study applies the three of the stages mentioned, i.e. definition, design, and development. This study is conducted purposely until the development stage due to the pandemic of covid-19, therefore this study is yet possible to have its tryout. Data collection technique is done by employing expert validation sheets involving media experts and material experts. The result of the study indicates that the android-based parenting guide developed has met the validity aspect, so that it is feasible to be implemented. The validity aspect shown by the results of media validation is 77%, and the result of material validation is 78.6%. Based on the values of the validity test, it can be interpreted that the Android-based parenting guide to improve verbal communication for autistic spectrum children is valid to be implemented on a limited basis and with further evaluation.