Kemampuan otak dalam menyimpan informasi dalam bentuk tulisan dinilai lebih sulit dan membutuhkan usaha yang keras. Akan tetapi, jika suatu informasi berbasis verbal atau tulisan dikemas dalam musik melalui lagu, maka informasi yang terkandung dalam lagu tersebut akan lebih mudah dipahami dan diingat dalam waktu yang jauh lebih lama. Karena sesuatu akan lebih mudah diingat jika disampaikan dengan melodi (Sheppard, 2007). Berdasarkan teori yang telah dijelaskan, maka peneliti akan mengujicobakan teori tersebut dengan menggunakan media lagu model dalam pembelajaran IPS materi keanekaragaman suku di Indonesia di kelas V Lagu yang digunakan berupa lagu model yang berkonten nama-nama suku di Indonesia Timur dengan menggunakan nada lagu daerah dari daerah Indonesia Timur yaitu Apuse dan Rasa Sayange.
Penelitian ini berpendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain quasi non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Kebraon 1 Surabaya. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan kelas yang akan digunakan sebagai eksperimen dan kelas kontrol yang selanjutnya diuji homogenitasnya. Data yang digunakan yaitu hasil belajar siswa, yang diperoleh melalui pretest dan posttest. Data tersebut akan diolah dengan statistik parametrik dan uji-t dua sampel independen.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media lagu model dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional tanpa media. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media lagu model terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Lagu Model, Musik dalam Pembelajaran, Media musik.
The brain ability to save information in written form considered more difficult and need effort. But if the verbal or written based information packed in music through song, then information contained in the song will be understood and remembered easier in a longer period of time. Because something will be easier to remember if delivered through melody (Sheppard, 2007). Based on theory that has been explained , then researcher will try out that theory using model song media on social science subject of ethnic diversity in Indonesia topic for the fifth grade. The song used is a model song containing ethnic names in Eastern Indonesia using tones of te eastern Indonesia anthem, that is Apuse and Rasa Sayange.
This research is quantitative research using experiment research method with quasi non equivalent control group design. The population on this research is all fifth grade students of Kebraon 1 Elementary School. The sample on this research is taken with technique purposive sampling to determine class that will be used as experiment class and control class which is then tested for homogeneity. Data used is learning outcomes of students, obtained through the pretest and posttest. The data will be processed with parametric statistics and independent sample t test.
Results from this research shows that there is the difference of learning outcomes between experiment class and control class. T test results show that there is significant difference of learning outcomes between experiments class using ‘song model’compared to control class using conventional method without media. Based on results, it can be concluded that there is a significant effect between the model song media towards students learning outcomes.
Keywords: Model Songs , Music in Learning , music media.