Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media poster interaktif berbasis website yang mana dapat memenuhi kriteria yaitu kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Media yang dikembangkan diharap dapat membantu peserta didik untuk memahami informasi studi lanjut. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu model pengembangan oleh Tim Puslitjaknov yang mana terdapat 5 tahap pengembangan, yaitu : Studi pendahuluan dan analisis produk, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, serta uji coba skala besar dan produk akhir. Namun pada penelitian ini, peneliti hanya sampai pada tahap uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media untuk poster interaktif adalah 0,77 yang artinya sangat sesuai. Kemudian hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media untuk produk website yaitu sebesarĀ 0,83 yang artinya. Terakhir untuk hasil uji coba lapangan skala kecil oleh calon pengguna yaitu peserta didik yang dilakukan kepada salah satu kelas IX di SMP Negeri 3 Kota Mojokerto mendapatkan hasil sebesar 83,9% dengan kategori baik, tidak perlu revisi. Jadi kesimpulannya produk berupa poster interaktif berbasis website telah memenuhi kriteria akseptabilas.
Kata Kunci: Pengembangan, poster interaktif berbasis website, studi lanjut
This research aims to result a product in the form of a interactive poster media base of website which can fulfill the criteria of usability, feasibility, accuracy, and propriety. The media developed is expected to be able to help students to understand further study information. The development model used by the researcher is the development model by Tim Puslitjaknov in which there are 5 stages of development, namely: Preliminary study and product analysis, initial product development, expert validation and revision, small-scale field trials and product revisions, and large-scale trials and the final product. But in this research, researchers only reached the stage of small-scale field trials and product revisions. Furthermore, the results obtained from material experts and media experts for interactive posters is 0.77, which means very suitable. Then the results of the assessment from material experts and media experts for website products are equal to 0.83 which means. Finally for the results of small-scale field trials by prospective users, namely students conducted to one class IX in Junior High School 3 Mojokerto city get results of 83.9% with good categories, no need for revisions. The conclusion is the product in the form of a website-based interactive poster meets the acceptability criteria.
Keywords : Development research, interactive poster media base of website, further study.