Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Pada Materi Segiempat
The Creative Thinking Process of Junior High School Students in Solving Open Ended Problems is Viewed in Terms of Mathematical Ability in Quadrature Materials
Berpikir kreatif merupakan suatu kegiatan mental seseorang yang menghasilkan suatu ide-ide baru yang relatif berbeda dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya yang berguna untuk menyelesaiakan suatu permasalahan yang dihadapi. Setiap siswa memiliki perbedaan kemampuan matematika yang memengaruhi proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa SMP berdasarkan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang, maupun rendah dalam menyelesaikan soal open ended pada materi Segiempat. Tahapan proses berpikir kreatif pada penelitian ini yaitu mensintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide, dan menerapkan ide. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII-E di SMP Negeri 2 Kesamben di semester genap tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hal ini dikarenakan dalam penelitian ini, peneliti memperoleh data kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari kemampuan matematika tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes kemampuan matematika, soal open ended, dan pedoman wawancara.
Hasil dari penelitian ini yaitu siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam (1) mensintesis ide yaitu dengan memahami, membaca soal dua sampai tiga kali, dan mengidentifikasi apa yang diketahui dalam soal; (2) membangun ide yaitu dengan membuat sketsa dan membayangkan bangun datar persegipanjang sebagai langkah awal untuk memunculkan idenya; (3) merencanakan penerapan ide yaitu dengan mempertimbangkan kemudahan cara dan menggunakan alternatif ide; (4) menerapkan ide yaitu dengan menuliskan langkah-langkah yang telah direncanakan. Untuk siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam (1) mensintesis ide dengan memahami, membaca soal sebanyak dua kali, dan mengidentifikasi yang diketahui dalam soal.; (2) dalam membangun ide yaitu dengan membayangkan bentuk bangun datar persegipanjang sebagai langkah awal untuk memunculkan idenya; (3) merencanakan penerapan ide dengan mempertimbangkan kemudahan dan menggunakan alternatif ide; (4) menerapkan ide yaitu dengan menuliskan langkah-langkah yang telah direncanakan. Untuk siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam (1) mensintesis ide dengan memahami, membaca soal sebanyak dua kali; (2) membangun ide yaitu dengan membayangkan dan menggambarkan bentuk bangun datar persegipanjang (3) merencanakan penerapan ide dengan merencanakan ide yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal; (4) menerapkan ide dengan menuliskan langkah-langkah yang direncanakan.
Kata Kunci: Berpikir kreatif, Soal Open Ended, Kemampuan Matematika
Creative thinking is a person's mental activity that produces new ideas that are relatively different from previous knowledge that is useful for solving a problem at hand. Each student has different mathematical abilities that influence students' creative thinking processes in solving mathematical problems. The purpose of this research is to describe the creative thinking process of junior high school students based on high, medium, and low levels of mathematical ability in solving open ended questions on quadrilaterals. The stages of the creative thinking process in this study are synthesizing ideas, building ideas, planning the implementation of ideas, and implementing ideas. This research was conducted on students of class VII-E at Junior High School 2 Kesamben in the even semester of the 2022/2023 academic year. In this study using a qualitative descriptive approach. This is because in this study, researchers obtained qualitative data that was used to describe the process of creative thinking of junior high school students in solving open ended questions in terms of high, medium, and low level math skills. The instruments used in this study were math ability test questions, open ended questions, and interview guidelines.
The results of this study are students with high mathematical abilities in (1) synthesizing ideas, namely by understanding, reading the questions two to three times, and identifying what is known in the problems; (2) building ideas, namely by sketching and imagining a rectangular flat shape as the first step to come up with the idea; (3) planning the implementation of ideas by considering the convenience of methods and using alternative ideas; (4) implementing the idea by writing down the planned steps. For students with moderate mathematical abilities in (1) synthesizing ideas by understanding, reading the problem twice, and identifying what is known in the problem; (2) in building ideas, namely by imagining a rectangular flat shape as the first step to come up with the idea; (3) planning the implementation of ideas by considering convenience and using alternative ideas; (4) implementing the idea by writing down the planned steps. For students with low mathematical abilities in (1) synthesizing ideas by understanding, read the questions twice; (2) building ideas, namely by imagining and describing rectangular shapes; (3) planning the application of ideas by planning ideas to be used to solve problems; (4) implementing the idea by writing down the planned steps.
Keywords: Creative Thinking, Open Ended Problem, Math Ability