Hubungan Kelengkapan Fasilitas dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMKN 1 Kemlagi dalam Mata Pelajaran APLPIG Jurusan DPIB
The Correlation Between Facility Completeness And Learning Interest Towards Students' Academic Achievement In APLPIG Subjects DPIB Department At SMKN 1 Kemlagi
ABSTRAK
HUBUNGAN KELENGKAPAN FASILITAS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMKN 1 KEMLAGI DALAM MATA PELAJARAN APLPIG JURUSAN DPIB
Nama : Trias Kusuma Nugraha
NIM : 19050534034
Program Studi : S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Jurusan : Teknik Sipil
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Purwo Mahardi, S.T., M.Sc.
Dalam dunia pendidikan, kelengkapan fasilitas belajar dan minat belajar siswa memainkan peran penting dalam menentukan prestasi akademik. Di SMK Negeri 1 Kemlagi, siswa DPIB membutuhkan fasilitas belajar khusus untuk mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung (APLPIG). Namun, observasi awal menunjukkan kurangnya fasilitas di rumah dan minat belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara kelengkapan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XII jurusan DPIB SMK Negeri 1 Kemlagi dalam mata pelajaran aplikasi APLPIG, (2) mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XII jurusan DPIB SMK Negeri 1 Kemlagi dalam mata pelajaran aplikasi APLPIG, (3) mengetahui hubungan antara kelengkapan fasilitas belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XII jurusan DPIB SMK Negeri 1 Kemlagi dalam mata pelajaran aplikasi APLPIG.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII DPIB. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 siswa menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi atau checklist, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif presentase, analisis korelasi sederhana, dan analisis korelasi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XII jurusan DPIB SMK Negeri 1 Kemlagi dalam mata pelajaran APLPIG, dibuktikan dengan nilai rhitung (0,859) > rtabel (0,1986), (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XII jurusan DPIB SMK Negeri 1 Kemlagi dalam mata pelajaran APLPIG, dibuktikan dengan nilai rhitung (0,988) > rtabel (0,1986), (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XII jurusan DPIB SMK Negeri 1 Kemlagi dalam mata pelajaran APLPIG, dibuktikan nilai rhitung (0,989) > rtabel (0,1986) dan Fhitung (2103,503) > Ftabel (3,940).
Kata kunci: Kelengkapan fasilitas belajar, Minat belajar, Prestasi belajar, DPIB, APLPIG.
ABSTRACT
THE CORRELATION BETWEEN FACILITY COMPLETENESS AND LEARNING INTEREST TOWARDS STUDENTS' ACADEMIC ACHIEVEMENT IN APLPIG SUBJECTS DPIB DEPARTMENT AT SMKN 1 KEMLAGI
Name : Trias Kusuma Nugraha
Study Program : S1 Building Engineering Education
Department : Civil Engineering
Faculty : Engineering
Intance : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Purwo Mahardi, S.T., M.Sc.
In the realm of education, the completeness of learning facilities and students' learning interest play a crucial role in determining academic achievement. At SMK Negeri 1 Kemlagi, students of the DPIB program require specific learning facilities for the subjects of Software Application and Interior Design (APLPIG). However, initial observations indicate a lack of facilities at home and low learning interest. This research aims to (1) explore the correlation between the completeness of learning facilities and academic achievement of XII DPIB students at SMK Negeri 1 Kemlagi in the APLPIG subject, (2) explore the correlation between learning interest and academic achievement of XII DPIB students at SMK Negeri 1 Kemlagi in the APLPIG subject, (3) explore the correlation between the completeness of learning facilities and learning interest with the academic achievement of XII DPIB students at SMK Negeri 1 Kemlagi in the APLPIG subject.
The research methodology employed is quantitative research with a correlational design. The population comprises all XII DPIB students. The sample size is 98 students using total sampling technique. Data collection methods include observation sheets or checklists, questionnaires, and documentation. Data analysis techniques involve descriptive percentage analysis, simple correlation analysis, and multiple correlation analysis.
The results indicate that (1) there is a positive and significant correlation between the completeness of learning facilities and academic achievement of XII DPIB students at SMK Negeri 1 Kemlagi in the APLPIG subject, as evidenced by the value of r (0,859) > rtable (0,1986), (2) there is a positive and significant correlation between learning interest and academic achievement of XII DPIB students at SMK Negeri 1 Kemlagi in the APLPIG subject, as evidenced by the value of r (0,988) > rtable (0,1986), (3) there is a positive and significant correlation between the completeness of learning facilities and learning interest with the academic achievement of XII DPIB students at SMK Negeri 1 Kemlagi in the APLPIG subject, as demonstrated by the value of r (0,989) > rtable (0,1986) and Fcount (2103,503) > Ftable (3,940).
Keywords: Learning facilities completeness, Learning interest, Academic achievement, DPIB, APLPIG