Matematika merupakan salah satu ilmu yang
berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Matematika mempunyai sifat
abstrak, sehingga tidak sedikit siswa menganggap matematika sebagai mata
pelajaran yang sulit. Untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan
permasalahan matematika pada siswa diperlukan suatu model pembelajaran yang
mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Surabaya tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu the one pretest - posttest design. Jumlah populasi
penelitian ini sebanyak 402 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa.
Pemilihan sampel menggunakan teknik random
sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Uji persyaratan
analisis menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, uji korelasi, dan uji
N-Gain.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Data pretest
dan posttest kemampuan pemecahan
masalah matematika berdistribusi normal, dibuktikan dengan masing-masing Dhitung pretest = 0,2720 dan Dhitung posttest
= 0,1329 yang lebih kecil dari Dtabel = 0,29407. (2) Terdapat
perbedaan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika sebelum dan sesudah
diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dibuktikan dengan nilai thitung (-16,26) yang lebih
kecil dari ttabel
(-1,666). (3) Terdapat hubungan positif antara pretest dan posttest
kemampuan pemecahan masalah matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw, dibuktikan dengan harga masing-masing rhitung pretest
= 0,99 dan rhitung posttest = 0,97. (4)
Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 0,59
yang dikategorikan dalam taraf sedang (
).
Berdasarkan analisis data
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 14 Surabaya.
Kata Kunci : pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw, kemampuan pemecahan masalah matematika.