PERSEPSI CALON GURU TERHADAP BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA PENGANTAR
PRE-SERVICE TEACHER PERCEPTION TOWARDS ENGLISH AS THE MEDIUM OF INSTRUCTION
Penelitian ini menguji persepsi calon guru terhadap penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di program studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 UNESA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi calon guru dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di dalam kelas. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 27 calon guru, dengan rincian sebagai berikut: 13 calon guru pria dan 14 calon guru wanita.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, terutama studi interpretatif dasar. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif, kesulitan, dan bagaimana mengatasi kesulitan dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Berdasarkan hasil data, penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar memiliki kelebihan dan kekurangan, dan calon guru perlu mengamati terlebih dahulu apa yang dibutuhkan dan mampu oleh para siswa.
This study examined pre-service teacher perception towards English as the medium of instruction at 2019 cohort English education UNESA. the goal of this study to know pre-service perception using English as the medium of instruction in classroom. There were 27 pre-service teachers for this study, with following breakdown: 13 male pre-service teacher and 14 female pre-service teachers.
This study employed qualitative especially basic interpretative studies. The data was gathered with questionnaire and interview. It was to aimed to determined what the perspective, difficulties, and how to overcome the difficulties. According to data result using English as the medium of instruction has advantages and disadvantages and pre-service teacher need to observe it first what the students need and what the student capable of.