STUDI KESUKAAN PANELIS TERHADAP NASI KRAWU MAKANAN KHAS GRESIK
STUDY OF PANELIST PREFERENCE FOR NASI KRAWU A TYPICAL FOOD OF GRESIK
Nasi krawu merupakan salah satu makanan khas gresik yang memiliki komponen berupa nasi, daging suwir, serundeng yang umumnya memiliki dua warna dan juga sambal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui 1) tingkat kesukaan panelis dari segi warna, aroma, rasa, tekstur serta penerimaan produk secara keseluruhan terhadap ke lima merk nasi krawu 2) mengetahui produk nasi krawu yang paling disukai oleh panelis dari ke lima merk nasi krawu. Menggunakan 5 sampel yang terdiri dari nasi krawu Bu Timan, Bu Azza, Bu Zainab II, Bu Rika, serta Bu Tiban. Panelis yang digunakan merupakan panelis konsumen yang berjumlah 30 orang dan berdomisili di Gresik. Menggunakan uji sensoris berupa uji hedonik untuk mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap 5 produk nasi krawu. Uji hedonik yang dilakukan yakni terhadap aspek warna, aroma, rasa, tekstur serta penerimaan produk secara keseluruhan dengan menggunakan skala hedonik yang kemudian diubah menjadi skala numerik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) kebanyakan panelis menyukai nasi krawu yang memiliki warna gelap pada suwiran daging, warna cerah pada nasi dan serundeng. Untuk aroma sendiri panelis memilih produk nasi krawu yang beraroma bumbu yang khas sehingga dapat meningkatkan selera. Rasa enak, gurih, manis, dan asin yang pas juga disukai dan tekstur daging yang empuk berserat serta nasi yang pulen dan tidak keras disukai oleh panelis. 2) Nasi krawu sampel 3 yakni nasi krawu milik bu Zainab II menjadi yang paling banyak disukai panelis karena dinilai sesuai dengan kriteria dari segi warna, aroma, rasa maupun tekstur.
Kata Kunci : Makanan Khas Gresik, Nasi Krawu, Kesukaan.
Nasi krawu is one of the typical Gresik foods that has components in the form of rice, shredded meat, serundeng which generally have two colors and also chili sauce. This study aims to determine 1) the level of preference of the panelists in terms of color, aroma, taste, texture, and, overall product acceptance of the five brands of nasi krawu 2) find out which nasi krawu products are most preferred by the panelists of the five brands of nasi krawu. 5 the sample consisted of Nasi Krawu by Mrs. Timan, Mrs. Azza, Mrs Zainab II, Mrs Rika, and Mrs.Tiban. The panelists used are consumer panelists, totaling 30 people and domiciled in Gresik. Using a sensory test in the form of a hedonic test to determine the level of panelists preference for 5 nasi krawu products. The hedonic test is carried out on aspects of color, aroma, taste, texture and overall product acceptance using a hedonic scale which is then converted into a numerical scale. The result of this study show 1) most panelists like nasi krawu which has a dark color in shredded meat, bright colors in rice and serundeng. For the aroma itself the panelists chose nasi krawu products that had a distinctive flavor of spices so that they could increase the taste buds. The panelists like the delicious, savory, sweet, and salty flavors that fit well, and the texture of the soft, fibrous meat and the fluffier and not hard rice were liked by the panelists. 2) Nasi krawu sample 3 namely Nasi Krawu Mrs. Zainab II was the most favored by the panelists because assessed according to the criteria of in terms of color, aroma, taste and texture.
Keywords: A Typical Food of Gresik, Nasi Krawu, Preference.