ABSTRAK
Pendidikan merupakanisalah satu faktor penting dalam kehidupan seseorang, sebab pendidikan bisa mengembangkan keterampilan, kecerdasan, serta bisa menjadikan seseorang menjadi manusia berkarakter. Salah satu tujuan dari pendidikan yang tertuang pada UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional adalah untuk membentuk peserta didik yang berkarakter. Padaiera globalisasi.saat ini sangat.dibutuhkan.adanya.pengintegrasian nilai-nilai karakter pada setiap kegiatan di sekolah mengingat betapa banyaknya kenakalan remaja yang terjadi saat ini. Ekstrakurikuler adalah salah satu kegiatan di sekolah yang terintegrasi nilai-nilai karakter. Seperti pada SDN Lakarsantri I/472 Surabaya yang menjadikan Tari Remo sebagai kegiatan ekstrakurikuler juga untuk sarana pengintegrasian nilai-nilai karakter di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung pada ekstrakurikuler Tari Remo serta bagaimana pengintegrasian nilai-nilai karakter melalui ekstrakurikuler Tari Remo di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Kesiswaan, Pembina Tari, Dosen Tari dan Siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil yang diperoleh yaitu (a) Nilai-nilai karakter yang terkandung pada ekstrakurikuler Tari Remo yaitu religius, jujur, disiplin, bersahabat / komunikatif, percaya diri dan tegas. (b) Pengintegrasian nilai-nilai karakter dilakukan melalui beberapa pembiasan dalam setiap latihan ekstrakurikuler Tari Remo.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Ekstrakurikuler, Tari Remo.
ABSTRACT
Education is one of the important factors in a person’s life, because education can develop skills, intelligence, and can make someone become a human with character. One of the objectives of education as stated in Law No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 concerning the national education system is to form character students. In the current era of globalization, there is integration required of character values on every activity in the school considering how much juvenile delinquency is happening right now. Extracurricular activity is one of the activities in the school that integrates character values. Such as in SDN Lakarsantri I/472 Surabaya which makes remo dance an extracurricular activity also for means of integrating character values in school.This research aims to describe the character values contained through extracurricular Remo dance at SDN Lakarsantri I/472 Surabaya.
The research method used is qualitative descriptive. Data collection techniques in this research use interview, observation, and documentation techniques. Data sources in this research were the headmaster, teacher, dance coach, dance lecturer and students. Data analysis techniques that used in this reseacrh are data reduction, data presentation, and verification.
The result obtained are (a) Character values contained in Remo dance extracurricular namely religious, honest, disciplined, friendly / communicative, confident, and assertive. (b) Integration of character values are done trhough some habituation in every Remo dance extracurricular training.