Dampak Penggunaan Video Game The Walking Dead Pada Pemahaman Membaca Siswa Terhadap Teks Narasi
The Impact of The Walking Dead Video Game on Students' Reading Comprehension on Narrative Text
Dengan perkembangan teknologi setiap saat, perkembangan media untuk belajar juga berkembang pesat. Banyak media baru yang bermunculan terutama media berbasis digital, mulai dari gambar, audio, dan video. Semua media itu telah banyak digunakan oleh guru untuk membuat siswa bersemangat tentang apa yang akan mereka pelajari di kelas. Namun, semakin lama media ini merasa membosankan bagi siswa, para guru juga harus memutar otak untuk menemukan media baru, salah satunya video game. Beberapa penelitian telah melihat pengaruh video game petualangan pada belajar bahasa Inggris; Namun, beberapa penelitian telah melihat ke dalam efek game petualangan pada belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana video game mempengaruhi pemahaman membaca siswa tentang teks narasi. Penelitian ini terdiri dari 50 siswa SMA Negeri 1 Kebomas Gresik kelas sepuluh. X-IPS 1 dan X-IPS 2 adalah contoh kelas. Dampak video game dapat tercermin dalam skor pilihan ganda siswa. Penulis menggunakan prosedur kuantitatif dan desain kuasi-eksperimental sebagai metodologi analisis dengan pendekatan purposive sampling. Tes pilihan ganda digunakan sebagai alat pengujian. Temuan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa video game tidak berdampak signifikan pada siswa tetapi hanya meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan menghibur siswa saja.
With the development of technology every time, the development of media for learning is also overgrowing. Many new media are popping up especially digital-based media, ranging from images, audio, and video. All of that media has been widely used by teachers to get students excited about what they will learn in class. However, the longer these media feel boring for students, the teachers also have to twist their brains to find new media, one of which is video games. Several studies have looked into the influence of adventure video games on learning English; however, few studies have looked into the effect of adventure games on learning English. This study aimed to see how video games affected students' reading comprehension of narrative text. The study consisted of 50 students from SMA Negeri 1 Kebomas Gresik in tenth grade. X-IPS 1 and X-IPS 2 were the class examples. The impact of video games can be reflected in the multiple-choice scores of students. The author used a quantitative procedure and quasi-experimental design as the analysis methodology with a purposive sampling approach. A multiple-choice test was used as the testing tool. The findings in this study explain that video games do not significantly impact students but only increase the motivation of students to learn and entertain students only.