ABSTRAK
PENGARUH
MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR
TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN MATERI KEBERAGAMAN KELAS III SDN RANGKAH I SURABAYA
Masa anak-anak seusia kelas
rendah merupakan masa bermain sambil belajar, sebab pada masa tesebut anak-anak
masih pada tahap transisi dari taman kanak-kanak ke masa sekolah dasar. Pendidikan
yag layak bagi mereka merupaka penidikan yang mampu mengembangkan sumbr daya
mereka. Namun, pada masa tersebut anak-anak sering kali meniru perilaku yang
baik ataupun menyimpang. Salah satunya adalah kurangnya rasa berbagi dan rasa
tanggung jawab.
Siswa yang memiliki perilaku
tersrbut dapat diminimalisir dengan suatu pengajaran, salah satunya adalah
pengajaran PPKn. Berfokus pada nilai pancasila serta mampu menumbuhkan norma
yang berlaku dimasyarakat. Selain pengajaran yang tepat, pemilihan gaya belajaryang
baru bagi siswa mampu membuat siswa lebih aktif dalam suatu pengajaran. Salah
satunya yakni model kooperatif
Model kooperatif yang dimaksud
ialah model think pair share yang dapat diimplemetasikan pada bidang PPKn.
Model ini mampu membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti setiap pembelajaran
dan mampu menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Pemberian media gambar juga dinilai mampu memberi pengaruh pada proses
pembelajaran siswa, sebab media gambar memiliki kelebihan bahwa media tersebut
merupakan media yang dpaat menarik rangsang ajar siswa serta merupakan media
yangbergambar. Oleh sebab itu siswa lebih mudah tertarik mengikuti suatu
pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini
adalah mengetahui adakah pengaruh dari pemberian model pembelajaran think pair
share dengan media gambar pada hasil belajar siswa yang diberi materi
keberagaman pada siswa kelas III SDN Rangkah I Surabaya yang berjumlah 80
siswa. Dengan desain penelitian nonequivalent
control group desaign yang mana sampel tidak dipilih secararandom.
Berdasarkan hasil penelitian,
pemberian model pembeajaran dengan media gambar mampu memberi pengaruh pada
hasil belajar siswa di SDN Rangkah I Surabaya dengan hasil uji hipotesis
sebesar 1,991.