ABSTRAK
Fauziyah,
Umahatun. 2021. E valuasi
Perangkat Pembelajaran Daring dalam Menstimulus enam aspek perkembangan Anak
Usia Dini di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Ummah Manyar Gresik .
Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar PAUD, Program Pascasarjana Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd., dan (II) Dr. Sri
Setyowati, M. Pd.
Kata-kata Kunci: Perangkat pembelajaran daring, RPPH,
enam aspek perkembangan anak usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dalam
proses belajar mengajar secara virtual, melalui d iskusi terkait penyusunan RPPH daring untuk men ingkatkan kreativitas guru dalam memilih
aktivitas pembelajaran , dan
meningkatkan kecakapan guru dalam mengevaluasi pembelajaran sebagai bahan perbaikan
untuk penyusunan RPPH daring di TK Islam
Terpadu Al Ummah Manyar Gresik.
Penelitian ini berpendekatan kualitatif dengan
teknik pengumpulan data observasi dan wawancara, menggunakan empat belas subjek
untuk diamati dalam waktu yang relatif panjang, yakni enam bulan. Keempat belas
tersebut terdiri dari satu kepala sekolah, sepuluh guru kelas, dan tiga wali
murid/orang tua siswa. Dari masing-masing subjek itu, masing-masing mewakili
evaluasi penyusunan perangkat bembelajaran pada RPPH daring.
Hasil
analisis data yang diperoleh, komponen penyusunan
RPPH kurang sesuai, karena hanya memuat lima komponen dan belum mencantumkan
tujuan pembelajaran
dan rencana penilaian . Untuk p emilihan kegiatannya sudah sesuai dengan tema
pembelajaran yang ada
dan juga sangat sesuai untuk menstimulus enam aspek perkembangan
anak, hanya saja pemilihan kalimat untuk menguraikan bentuk kegiatan masih
multi tafsir. Para guru TK Islam Terpadu Al Ummah juga sudah memanfaatkan media dan sumber belajar yang sesuai
dengan pendekatan bermain sambil belajar . Dalam pengembangan perencanaan
kegiatan masih belum terlihat , h asil wawancara dengan wali murid juga menyatakan bahwa, untuk yel-yel atau jargon yang digunakan guru kurang
inovasi, dan lagu-lagu tema kurang bervariasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
dengan mengikuti berbagai
pelatihan dan juga bisa melakukan study banding ke sekolah-sekolah lain terkait
pengelolahan pembelajaran daring dapat meningkatkan kreativitas guru
dalam merancang kegiatan pembelajaran.