Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tingkat pendidikan terhadap inovasi produk, tingkat pendidikan terhadap keberhasilan usaha dan inovasi produk terhadap keberhasilan usaha. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik industri kecil di sentra industri sandal Desa Wedoro sebanyak 67 orang. Metode analisis data menggunakan pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan tidak memililiki pengaruh pada inovasi produk dan keberhasilan usaha. Sedangkan inovasi produk memiliki pengaruh yang positif terhadap keberhasilan usaha di sentra industri Wedoro. Langkah kedepan yang perlu diambil adalah dengan melakukan pelatihan dan kemitraan dengan perguruan tinggi guna meningkatan pengetahuan pemilik usaha dan meningkatkan nilai lulusan perguruan tinggi melalui pengalaman langsung dilapangan. Peningkatan inovasi produk melalui riset pasan dan diikuti dengan peningkatan keterampilan pengrajin dan peningkatan peralatan produksi.
Kata-Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, inovasi produk, keberhasilan usaha
ABSTRACT
This study aims to examine and analyze the influence of education level on product innovation, level of education on business success and product innovation towards business success. The population in this study was the owner of a small industry in the Village Wedoro sandal industry center as many as 67 people. Data analysis method uses Structural Equation Modeling (SEM) approach with data collection techniques using questionnaires, interviews, and documentation. The results showed that the level of education had no influence on product innovation and business success. While product innovation has a positive influence on the success of the business in the Wedoro industrial center. The next step that needs to be taken is to conduct training and partnerships with universities to increase knowledge of business owners and increase the value of college graduates through direct experience in the field. Increased product innovation through pasan research and followed by improvement in craftsman skills and improvement of production equipment., Post-Graduate Surabaya State University. Advisor: (I) Prof. Dr. Bambang Suratman, M. Pd (II) Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Sc.
Keywords: Level of Education, product innovation, business success