ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk menguji perbedaan prestasi belajar siswa yang bermain game online dan yang tidak bermain game online, hubungan antara siswa yang banyak bermain game dan tidak bermain game terhadap prestasi belajar siswa, dan hubungan antara intensitas interval lamanya waktu bermain game dengan prestasi belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto causal research (penelitian korelasi). Dalam penelitian ini terdapat Uji normalitas, Uji Homogenitas, Uji T atau Uji beda dan Uji korelasi. Untuk menguji data dengan metode tersebut maka menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat nilai 0,594 yang berarti tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa yang bermain game online dengan yang tidak bermain game, (2) terdapat nilai 0,579 dan koefisien korelasinya -0,068 yang artinya tidak ada hubungan banyaknya siswa yang memainkan jenis game tertentu terhadap prestasi belajar siswa namun terdapat hubungan yang negatif yang rendah, (3) terdapat nilai 0,566 dan koefisien korelasi -0,070 yang artinya tidak ada hubungan siswa yang memainkan game dengan interval waktu tertentu terhadap prestasi belajar siswa.
Kata Kunci : Game Online, Prestasi Belajar, Intervals
ABSTRACT
The Study is done to test the student learning achievements that played game online and that did not play online games, the relationship between students many plays games and did not play a game of student learning achievements, and relations between the intensity of intervals length of time playing games with student learning achievement.
The methodology used is the method ex post facto capital causal research (correlation research). Correlation in this research is the normality research, the homogeneity, t-test or different test. Correlation to test data with this method is used SPSS application.
The research results show that there are value: (1) values 0,594 which means there is no difference in student learning achievements that played the game online, that did not play the game. (2) 0,579 values and coefficients correlation is -0,068 which meant it was not related who play a kind of a particular game against student learning achievements in the fact there was a relation such that is low and they had been found to be negative. (3) 0,566 and a correlation coefficient -0,070 meaning that there was no connection students play a game at intervals of time to student learning achievements.
Keywords: Online Games, Achievement of Study, intervals