Kemampuan Nilai agama moral sangat penting dalam perkembangan anak. Anak akan mudah dalam melakukan kegiatan didalam kehidupan sehari-hari agar tidak dapat tergoyahkan dalam nilai dan norma yang melanggar aturan sehingga sangat penting dalam perkembangan nilai agama dan moral diberikan sejak usia dini. Dilatar belakangi oleh pemahaman doa sehari-hari pada anak sangat rendah, hal ini dikarenakan dalam memberikan pembelajaran pemahaman doa sehari-hari hanya digunakan sebagai acuan sebelum pembelajaran dimulai,sehingga peneliti memberikan kegiatan dalam pembelajaran yang dapat menstimulasi melalui media monoreli. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan adanya pengaruh media monoreli terhadap pemahaman doa sehari-hari anak kelompok A di TK IT Nada Ashobah Surabaya.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK IT Nada Ashobah Surabaya dengan jumlah masing-masing kelas A1 15 anak, A2 sebanyak 15 anak. Desain ini menggunakan 2 kelompok dalam penelitian yang satu keompok diberi pretest, perlakuan, post test sedangkan pada kelompok lainnya hanya diberikan pretest dan post test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media monoreli dapat mengembangkan Pemahaman doa sehari-hari pada anak usia 5-6 tahun. Dari hasi penelitian tersebut, diperoleh skor total pre-test pada kelompok eksperimen dengan rata-rata 19,26 sedangkan pada kelompok kontrol skor pretest dengan rata-rata 17,800. Dan pada kegiatan post-test skor total yang diperoleh kelompok eskperimen rata-rata 26,66 sedangkan pada kelompok kontrol dengan rata-rata 22,86. Hasil perhitungan dengan menggunakan mann whitney u-test menunjukkan perolehan Uhitung sebesar 53 dan Utabel sebesar 56 sehingg dapat diinterprestasikan jika Uhitung < Utabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan adanya pengaruh media monoreli terhadap Pemahaman doa sehari-hari pada anak kelompok A. Pengaruh dalam media monoreli yaitu anak mampu melafalkan doa, memahami arti doa dan memaknai doa melalui media bercerita didalam media monoreli dan doa yang diberikan yaitu (doa sebelum makan, sesudah makan dan masuk kamar mandi.
Kata kunci : media monoreli, pemahaman Doa Sehari-hari
Ability Moral religious values are very important in children's development. Children will be easy to carry out activities in daily life so that they cannot be swayed in values and norms that violate the rules so that it is very important in the development of religious and moral values given from an early age. The ability to develop moral religious values can be used as a guideline for every human being to be able to survive in the world and in the end.With the background of understanding daily prayer in children is very low, this is because in providing learning is only used as a reference before learning begins, so that researchers provide activities in learning that can stimulate through monorail media. The purpose of this study is to prove the influence of the monorail media on understanding the daily prayers of group A children in the TK-IT Ashobah Surabaya.
This study uses a quantitative research approach, with the type of research Quasi Experimental Design. The subjects in this study were group A children in IT Nada Ashobah Kindergarten Surabaya with the number of each class A1 15 children, A2 as many as 15 children. This design uses 2 groups in the study where one group was given a pretest, treatment, post test while the other group was only given a pretest and post test.
The results of the study show that monorail media can develop daily prayer understanding in children aged 5-6 years. From the results of the study, a total pre-test score was obtained in the experimental group with an average of 19.26 while in the control group the pretest score averaged 17,800. And in the post-test activities the total scores obtained by the experimental group averaged 26.66 while those in the control group averaged 22.86. The results of calculations using mann whitney u-test show that U count gain is 53 and U table is 56 so that it can be interpreted if U count <U table then Ho is rejected and Ha is accepted with the influence of monorail media on Understanding daily prayer in group children A. Influence in monorail media, children are able to recite prayers, understand the meaning of prayer and interpret prayer through media telling in monorail media and given prayers (prayer before meals, after meals and in the bathroom)..
Keywords: Monorely Media, Daily Prayer Understanding