Self-disclosure pada Pengguna Second Account Instagram
Self-disclosure of Second Account Instagram User
Self-disclosure yang semula dilakukan melalui tatap muka secara langsung, kini dapat dilakukan melalui media sosial. Namun, jangkauan penerima informasi dalam media sosial Instagram yang terlalu banyak, mengakibatkan seseorang membuat second account (akun kedua). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan individu membuat second account dan gambaran self-disclosure pada pengguna second account Instagram dengan menggunakan dimensi self-disclosure milik DeVito (1997). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data wawancara diperoleh dari partisipan dengan karakteristik perempuan berusia 18-24 tahun, memiliki second account Instagram, memiliki pengikut, dan pernah/sering melakukan self-disclosure pada akun kedua. Selanjutnya data yang telah terkumpul, dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil menunjukkan bahwa alasan partisipan membuat akun kedua yakni seputar permasalahan keamanan dan kenyamanan, ingin menyembunyikan jati diri, serta membagikan momen/cerita kepada orang lain. Peneliti juga menambahkan persepsi diri untuk mengetahui latar belakang kepribadian atau sifat partisipan yang berhubungan dengan keputusan membuat akun kedua. Lalu, gambaran umum menghasilkan tema-tema berikut: maksud dan tujuan partisipan melakukan self-disclosure, keluasan informasi, intensitas, kualitas unggaharan yang dibagikan, kejujuran dalam melakukan self-disclosure, serta keakraban dengan pengikut.
Self-disclosure was originally with face-to-face, now can be done through social media. However, receiver on social media Instagram is too much, effect someone to creating a second account. This study aims to determine the reasons for individuals to create a second account and overview of second account Instagram users using DeVito’s (1997) self-disclosure dimension. The method used is a case study approach. Interview data were obtained from participants with the characteristics of women aged 18-24 years, having a second account Instagram, having followers, and having/often made self-disclosure on a second account. Furthermore, data that has been collected is analyzed using thematic analysis. The results show that participants’ reasons create a second account are related to security and convenience issues, hide their identity, and sharing moments/stories with others. The researcher also addded self-perception to find out participants’ personality background or characteristics that related to decision to make a second account. Then, the general description produces the following themes: the participants’ intentions and goals for self-disclosure, breadth of information, intensity, quality shared uploads, honesty in self-disclosure, and intimacy with followers.