Persaingan dalam perdagangan elektronik erat kaitannya dengan website. Dalam upaya memenangkan persaingan pasarnya, maka kualitas dari websitenya terus di tingkatkan dengan menambah keragaman fitur – fitur pada websitenya. Selain itu, maraknya tindak kejahatan pada perdagangan elektronik mengharuskan situs – situs perdagangan elektronik tersebut menjaga kepercayaan konsumennya melalui reputasi websitenya yang terjaga dengan baik. Kualitas website dan kepercayaan dapat membentuk sebuah kesadaran dalam diri konsumen yang menimbulkan sebuah sikap baik yang akan mengarah pada niat beli online yang lebih kuat.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website dan kepercayaan terhadap niat beli secara online (studi pada pengunjung situs OLX.co.id). Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung situs OLX.co.id yang belum pernah melakukan pembelian melalui situs OLX.co.id. Sampel yang diambil adalah sebanyak 220 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan judgmental sampling dan snowball sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software PASW Statistic 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas website berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli secara online. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli secara online.
Competition in electronic commerce is closely related to the website. In an effort to win market competition, the quality of the website continues to be improved by increasing the diversity of features on its website. In addition, the rampant crime in electronic commerce requires electronic commrce sites to maintain consumer trust through a good reputation on the website. The website quality and trust can form an awareness in the consumer which gives rise to a good attitude that will lead to stronger online purchase intention.
This research aims to determine the influence of website quality and trust on online purchase intention (study on OLX.co.id Site Visitors). The population in this study were OLX.co.id site visitors who had never made a purchase through the OLX.co.id site. The samples taken were 220 respondents using nonprobability sampling technique with a judgmental sampling and snowball sampling approach. Statistical analysis used is multiple linear regression analysis by using software PASW Statistic 18. According to the statistical data analysis show that the website quality has a positive and significant influence on online purchase intention. Trust has a positive and significant influence on online purchase intention.
Keyword : electronic commerce, online purchase intention, trust, website features, website quality.