THE EFFECT OF QUIZLET MEDIA ON STUDENTS' COGNITIVE UNDERSTANDING OF SOCIAL STUDIES SUBJECTS PRE-LITERACY MATERIAL
Penelitian ini didasarkan pada teori kerucut pengalaman milik Edgar Dale sebagai landasan penggunaan media pembelajaran dan teori yang dikemukakan oleh Benyamin S. Bloom atau dikenal dengan taksonomi Bloom sebagai landasan mengenai pemahaman atau ranah kognitif. Kerucut pengalaman Dale biasanya digunakan untuk menentukan alat atau media yang tepat untuk pembelajaran guna mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, sedangkan Bloom dalam teorinya membagi ranah belajar menjadi pengetahuan, sikap, serta tindakan. Lalu, ia mengkonsentrasikan pada ranah kognitif dan membaginya menjadi enam tingkatan dan pemahaman berada pada tingkat dua. Penelitian dilakukan guna mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media Quizlet terhadap pemahaman kognitif siswa pada mata pelajaran IPS pada materi praaksara. Karena kondisi saat ini yang mengharuskan adanya pemanfaatan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran serta tuntutan dunia pendidikan yang semakin berkembang untuk mengikuti perkembangan zaman, maka pendidik diharapkan dapat menggunakan serta memanfaatkan alat atau media dalam kegiatan belajar-mengajar agar pembelajaran lebih interaktif, sehingga membuat pemahaman kognitif peserta didik meningkat. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen dan desain dari penelitian ini yakni Pre-eksperimental Design berupa One-Group Pretest-Posttest Design. Populasinya yaitu seluruh kelas 7 SMPN 25 Surabaya yang berjumlah 344 siswa, sedangkan sampel penelitiannya yaitu kelas 7C yang berjumlah 36 siswa, lalu untuk teknik pengambilan sampelnya yaitu purposive sampling. Adapun hasil penelitian didapatkan dari uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari adanya penggunaan media Quizlet terhadap pemahaman kognitif siswa pada mata pelajaran IPS materi praaksara dan didapatkan besarnya tingkat pengaruh media Quizlet terhadap pemahaman kognitif siswa yaitu sebesar 54,1 %.
Kata Kunci: Quizlet, Pemahaman Kognitif, IPS
This research is based on Edgar Dale's theory of experiential cones as a reference for the use of learning media and the theory proposed by Benjamin S. Bloom or known as Bloom's taxonomy as a foundation regarding understanding or cognitive realm. Dale's cone of experience is usually used to determine the right tool or medium for learning in order to obtain a learning experience that matches the characteristics of the student, while Bloom in his theory divides the realm of learning into knowledge, attitudes, and actions. Then, he concentrates on the cognitive realm and divides it into six levels and understanding is at level two. The research was conducted to determine the influence of the use of Quizlet media on students' cognitive understanding of social studies subjects in pre-literacy material. Due to the current conditions that require the use of technology in learning activities and the demands of the growing world of education to keep up with the times, educators are expected to be able to use and utilize tools or media in teaching and learning activities so that learning is more interactive, thus making students' cognitive understanding increase. The research method used is quantitative experimentation and the design of this study is Pre-eksperimental Design in the form of One-Group Pretest-Posttest Design. The population is the entire 7th grade of SMPN 25 Surabaya which amounts to 344 students, while the research sample is class 7C which overall amounts to 36 students, then for the sampling technique, namely purposive sampling. The results of the study obtained from a simple linear regression test showed that there was an influence from the use of Quizlet media on students' cognitive understanding in social studies subjects of pre-literacy material and obtained the magnitude of the level of influence of Quizlet media on students' cognitive understanding, which was 54.1%.