Review Peran Handout Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kimia
A Review The Role Of Handouts In Improving Learning Outcomes In Chemistry Learning
Handout termasuk salah satu bahan ajar yang sangat ringkas dan disiapkan oleh guru untuk memudahkan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Pembahasan tentang handout dalam artikel ini bertujuan untuk mengetahui peranan handout dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran kimia. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu tinjauan dari beberapa hasil penelitian dalam masalah yang seragam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari jurnal dan artikel ilmiah yang berhubungan dengan penggunaan handout dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran kimia dengan tersedianya data sebelum dan sesudah penggunaan handout. Analisis data diolah menggunakan uji statistik paired sample. Berdasarkan hasil uji analisis dari empat belas penelitian tentang handout didapatkan rata-rata hasil belajar yang signifikan sebesar 43,84 dan nilai Gain sebesar 0,7 yakni termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan handout dalam pembelajaran kimia berpengaruh pada peningkatan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Handout, pembelajaran kimia, hasil belajar.
Handout is one of teaching materials that is very concise and prepared by the teacher to make it easier for students to follow the learning process. The discussion of handouts in this article aims to determine the role of handouts in improving learning outcomes in chemistry learning. The method used is meta-analysis, namely a review of several reserch result in a similar problem. Data collection techniques are carried out by searching for journals and scientific articles related to the use of handouts in increase learning outcomes in chemistry learning with the availability of data before and after the use of handouts. Data analysis was processed using paired sample statistical test. Based on the results of the analysis test of fourteen studies on handouts, it was found that a significant learning outcomes was 43,84 and Gain score was 0,7 in high category. Based on these result, it shows that the use of handout in chemitry learning has an effect on increase student learning outcomes.
Key words : handout, chemistry learning, learning outcomes.