Evaluasi Implementasi Kurikulum Cambridge dengan Model CIPP di SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya
The Evaluation of Cambridge Curriculum by using CIPP Model at Al Azhar 13 Islamic Junior High School Surabaya
Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi implementasi kurikulum Cambridge dengan menggunakan model evaluasi CIPP dengan empat komponen evaluasi yaitu context(konteks), input (masukan), process (proses) dan product (produk). Penelitian dilaksanakan di SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles, Huberman& Saldana yaitu dengan kondensasi, display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Islam Al Azhar 13 melakukan evaluasi konteks ditunjukkan dengan adanya latar belakang program, tujuan dan juga dukungan faktor kebutuhan lingkungan. Evaluasi masukan ditunjukkan melalui adanya faktor sumber daya yang mendukung implementasi kurikulum yaitu sumber daya manusia dan sarana prasarana. Evaluasi proses ditunjukkan dengan berdasarkan beberapa tahapan proses dari perencanaan hingga evaluasi serta identifikasi kendala yang dihadapi. Evaluasi produk ditunjukkan melalui hasil dan dampak implementasi kurikulum. Kesimpulan yang diberikan adalah SMP Islam Al Azhar 13 telah mengimplementasikan kurikulum Cambridge dengan baik dan memenuhi komponen evaluasi CIPP. Rekomendasi untuk SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya adalah tetap mengimplementasikan kurikulum Cambridge dengan selalu meningkatkan aspek-aspek yang telah dievaluasi oleh model evaluasi CIPP
Suri, Sufyan (2024) The Evaluation of Cambridge Curriculum by using CIPP Model at Al Azhar 13 Islamic Junior High School Surabaya. Master Thesis, Education Management Program, Faculty of Education, State University of Surabaya. Supervisor (I) Dr. Muhamad Sholeh, M.Pd., and (II) Dr. Erny Roesminingsih, M.Si.
Key Words: Curriculum Evaluation, Cambridge Curriculum, CIPP Model
This research aims to evaluate the implementation of the Cambridge curriculum using the CIPP evaluation model with four evaluation components, namely context, input, process, and product. The research was carried out at Al Azhar 13 Islamic Junior High School, Surabaya. This research is evaluation research using a qualitative approach. The data analysis technique used is the Miles, Huberman& Saldana’stechnique, namely data condensation, display, and verification. The results of the research show that Al Azhar 13 Islamic Junior High School carried out a context evaluation as indicated by the program background, objectives and also support for environmental needs factors. Evaluation of input is shown through the existence of resource factors that support curriculum implementation, namely human resources and infrastructure. Process evaluation is demonstrated based on several process stages from planning to evaluation and identification of obstacles faced. Product evaluation is demonstrated through the results and impact of curriculum implementation. The conclusion given is that Al Azhar 13 Islamic Junior High School has implemented the Cambridge curriculum well and fulfilled the CIPP evaluation components. The recommendation for Al Azhar 13 Islamic Middle School Surabaya is to continue implementing the Cambridge curriculum by always improving the aspects that have been evaluated by the CIPP evaluation model.