PENGGUNAAN APLIKASI INSHOT PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR DI SMP
APPLICATION USE INSHOT ON PROCEDURE TEXT LEARNING IN JHS
Pada kurikulum 2013 dapat dikenal sebagai pembelajaran berbasis teks. Salah satunya yaitu teks prosedur. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pembelajaran struktur teks prosedur menggunakan aplikasi Inshot di SMP dan respons siswa atas pembelajaran struktur teks prosedur menggunakan aplikasi Inshot di kelas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yaitu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 32 siswa-siswi SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes produk, dan angket. Observasi melibatkan observer guru Bahasa Indonesia kelas VII untuk mengamati aktivitas guru pada pembelajaran struktur teks prosedur menggunakan aplikasi Inshot. Tes produk dilakukan untuk memperoleh data dari 32 video siswa kelas VII dalam menyusun struktur teks prosedur dengan aplikasi Inshot. Dan pemberian angket pada siswa untuk mendiskripsikan respons siswa atas pembelajaran teks prosedur yang memanfaatkan aplikasi Inshot di kelas. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan aplikasi Inshot pada pembelajaran struktur teks prosedur “sangat baik”. Keberhasilan aplikasi Inshot didukung dengan hasil pengamatan aktivitas guru oleh observer guru Bahasa Indonesia kelas VII meperoleh nilai 86 dengan kategori “sangat baik”, sedangkan pada tes produk 32 siswa kelas VII menunjukkan hasil nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 66. Maka tes produk menggunakan aplikasi Inshot menunjukkan keberhasilan siswa dalam menyusun struktur teks prosedur dengan perolehan nilai rata-rata 86 kategori “sangat baik”. Hal ini, menunjukkan hasil implementasi pembelajaran struktur teks prosedur dari aktivitas guru dan tes produk memperoleh nilai 86 kategori “sangat baik”. Hasil dari respons siswa atas pembelajaran dengan aplikasi Inshot memperolehan hasil 3,86 sehingga pembelajaran bersifat multimoda mecapai keberhasilan dengan kategori “memenuhi”.
Kata Kunci: implementasi struktur teks prosedur, respon siswa, aplikasi Inshot
In the 2013 curriculum, it can be known as text-based learning. One of them is procedure text. This study aims to describe the implementation of procedural text structure learning using the Inshot in junior high school and student responses to learning the procedure text structure using the Inshot in the classroom. This type of research is a qualitative descriptive research. The data sources used in the study were Indonesian language teachers and 32 junior high school students. Data collection techniques using observation techniques, product tests, and questionnaires. Observation involves the Indonesian teacher observer class VII to observe the teacher's activity in learning the structure of the procedure text using the Inshot. The product test was conducted to obtain data from 32 videos of class VII students in compiling the structure of the procedure text with the Inshot application. And giving questionnaires to students to describe students' responses to procedural text learning using the Inshot in the classroom. The results of this study prove that the use of the Inshot in learning the structure of the procedural text is "very good".application Inshot supported by the results of observations of teacher activities by the Indonesian language teacher observer class VII obtaining a score of 86 in the "very good" category, while on the product test 32 students of class VII showed the highest score of 92 and the lowest score of 66. Then the product test using the Inshot shows the success of students in compiling the structure of procedure texts with an average score of 86 "very good" categories. This shows that the results of the implementation of procedural text structure learning from teacher activities and product tests get a score of 86 in the "very good" category. The results of student responses to learning with the Inshot obtained 3.86 results so that multimodal learning achieved success in the "fulfilling" category.
Keywords: implementation of procedure text structure, student response, Inshot