Model pembelajaran Guided Inquiry adalah model pembelajaran yang mengedepankan penyelidikan secara sistematis yang dilakukan siswa untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dengan mencari jawaban sendiri. Model Pembelajaran Guided Inquiry adalah model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik yang direkomendasikan oleh kurikulum 2013 yang diharapkan mampu untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SMKN 2 Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang: (1) keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Guided Inquiry kompetensi pada pembelajaran KD Menerapkan Pencucian dan Penyimpanan Peralatan di SMKN 2 Jombang; (2) pengaruh penerapan model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar kompetensi dasar Menerapkan Pencucian dan Penyimpanan Peralatan siswa SMKN 2 Jombang; dan (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Guided Inquiry pada pembelajaran KD Menerapkan Pencucian dan Penyimpanan Peralatan di SMKN 2 Jombang.
Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain “two group pretest-posttest design”. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X JB 1 Program Keahlian Jasa Boga di SMK Negeri 2 Jombang. Kelas ini dipilih untuk mewakili kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas X JB 4 Keahlian Jasa Boga. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, metode test dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan Skala Guttman, dan Uji statistik Independent T Test dan Skala Likert.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran Guided Inquiry memperoleh rata-rata presentasi 100% (sangat baik); (2) hasil belajar kognitif siswa kelas X JB 1 SMKN 2 Jombang pada kelompok eksperimen mendapatkan rata-rata nilai 82,32 yang secara signifikan lebih tinggi dari kelompok kontrol yang mendapat rata-rata nilai sebesar 72,5, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh yang siginifikan penggunaan Model Pembelajaran Guided Inquiry;dan (3) penggunaan model pembelajaran Guided Inquiry mendapatkan respon siswa sebesar 95,43 % yang termasuk sangat baik.
Kata kunci: Guided Inquiry, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, respon siswa
Guided Inquiry learning model is a learning model that puts forward systematic inquiry by students to solve a problem faced by finding their own answers. Guided Inquiry Learning Model is a learning model that is in accordance with the scientific approach recommended by the 2013 curriculum which is expected to be able to overcome learning problems in SMK 2 Jombang. This study aims to obtain a description of: (1) the implementation of the competency Guided Inquiry learning model in KD learning Applying Washing and Equipment Storage in Jombang 2 Vocational High Schools; (2) the effect of applying the Guided Inquiry learning model to the learning outcomes of basic competencies Applying Washing and Equipment Storage of students of SMK 2 Jombang; and (3) students' responses to the application of the Guided Inquiry learning model in KD learning Applying Washing and Equipment Storage at Jombang 2 Vocational High School.
This type of research is a quasi-experimental design with "two group pretest-posttest design". The samples in this study were students of class X JB 1 Cooking Services Expertise Program at SMK Negeri 2 Jombang. This class is chosen to represent the experimental class while for the control class is class X JB 4 Expertise in Catering. The data collection technique uses observation methods, test methods and student response questionnaires. Data analysis techniques used the Guttman Scale, and the Independent T Test and Likert Scale statistical tests.
The results of the research data analysis showed that: (1) the feasibility of the Guided Inquiry learning model received an average presentation of 100% (very good); (2) the cognitive learning outcomes of class X JB 1 students at SMK 2 Jombang in the experimental group get an average value of 82.32 which is significantly higher than the control group which gets an average score of 72.5, so it is concluded that there are significant effects the use of Guided Inquiry Learning Model, and (3) the use of the Guided Inquiry learning model to get student responses of 95.43% which is included very well.
Keywords: Guided Inquiry, implementation of learning, learning outcomes, student responses