PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DIDIK PAUD DI TK DHARMAWANITA WRINGINANOM MELALUI METODE BERNYANYI
DEVELOPMENT OF COGNITIVE ABILITIES OF PRESCHOOL STUDENTS IN DHARMAWANITA WRINGINANOM KINDERGARTEN THROUGH SINGING METHODS
Dalam penelitian ini peneliti fokus pada pengembangan kemampuan kognitif anak usia dini yaitu mengenal huruf dan angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui pelaksanaan metode bernyanyi yang digunakan guru TK Dharmawanita Wringinanom untuk menstimulasi perkembangan kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal huruf dan angka, 2) Mengkaji kelebihan dan kekurangan penggunaan metode bernyanyi dalam proses pembelajaran pengenalan huruf dan angka, 3) Menjabarkan perkembangan kognitif anak usia dini dalam mengenal huruf dan angka setelah diterapkan metode bernyanyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara yang didukung dengan lembar penilaian perkembangan kognitif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif analisis yang melalui empat tahapan yaitu data collect, data reduction, data display, verivication. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan, dengan menerapkan metode bernyanyi, anak didik lebih mudah untuk mengenal huruf dan angka, hal ini dapat dibuktikan dengan melihat rubrik penilaian indikator mengenal huruf dan angka yang disusun oleh guru TK Dharmawanita Wringinanom. Simpulan pada penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran pengenalan huruf dan angka pada TK Dharmawanita Wringinanom dengan menggunakan metode bernyanyi berjalan cukup berhasil.
In this study, researchers focused on developing early childhood cognitive abilities, namely recognizing letters and numbers. The purpose of this study to 1) Knowing the implementation of singing method used by dharmawanita Wringinanom kindergarten teachers to stimulate the development of cognitive abilities in early childhood recognizing letters and numbers, 2) Assess the advantages and disadvantages using the singing method in the learning process of recognizing letters and numbers, 3) Describes the cognitive development of early childhood in recognizing letters and numbers after the application the singing method. This research uses a qualitative approach. Data retrieval techniques use observations and interviews supported by cognitive development assessment sheets. The data analysis technique in this study uses data analysis techniques interactive model analysis that goes through four stages, namely data collection, data reduction, data display, verivication. Data validity techniques performed by triangulation data sources. The results showed by applying singing method, students easier to recognize letters and numbers, this can be proven by looking the rubric of assessing indicators of recognizing letters and numbers compiled by teacher of Dharmawanita Wringinanom Kindergarten. Conclusion this study is the implementation learning letter and number recognition at Dharmawanita Wringinanom Kindergarten using the singing method went quite successfully.