ABSTRAK
Trisetyo Bowo Laksono .
20070805041. Identifikasi Faktor-faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa SD Di
Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan Dalam Pembelajaran Jarak Jauh PJOK Tahun
Pelajaran 2021/2022. Pendidikan Olahraga, Pascasarjana,
Universitas Negeri Surabaya Pembimbing 1 : Dr. Anung Priambodo, S.Pd.,
M.Psi.T . Pembimbing 2 : Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd .
Kata kunci: Hasil
belajar, PJOK, Pembelajaran jarak jauh, Takeran, pandemi covid-19.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tentang : Faktor faktor internal ataupun eksternal
penyebab menurunnya hasil belajar siswa
di SD Kec Takeran Kab Magetan dalam pembelajaran jarak jauh PJOK tahun
pelajaran 2021/2022.
Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode
survei, Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SD kelas IV,V dan VI di
kecamatan Takeran sebanyak 60 orang. Data yang terkumpul dianalisis dengan
teknik statistik deskriptif dengan persentase menggunakan bantuan program
Microsoft office excel 2007. Instrumen penelitian ini telah
melawati uji validasi dan reliabilitas menggunakan program SPSS 26
dan Microsoft Excel.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa jumlah persentase tertinggi dari dua faktor yaitu
internal sebesar 42,5% sedangkan faktor eksternal sebesar 46,6%, dari hasil
persentase maka disimpulkan bahwa faktor eksternal adalah faktor penyebab
menurunnya hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa
SD di Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan dalam pembelajaran jarak jauh dimasa
pandemi covid-19.