Penerapan Model Inkuiri Berbantuan Aplikasi Youtube Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan
Application Of Inquiry Model Assisted By Youtube Application To Improve Students' Higher Order Thinking Skills On Plant Growth And Development Material
ABSTRAK
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran, keterlaksanaan proses pembelajaran, ketercapaian HOTS, ketercapaian profil HOTS, dan respons peserta didik dari diterapkannya model inkuiri berbantuan aplikasi YouTube pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Taman Sidoarjo pada kelas XII IPA 5 diikuti sebanyak 36 peserta didik. Desain penelitian yang dipakai yakni One Group Pretest-Posttest dengan teknik sampling Sampling Purposive dan analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa validitas perangkat pembelajaran berupa modul ajar mendapatkan indeks validitas sebesar 0,833 serta kisi-kisi soal pretest dan posttest sebesar 0,823 dan 0,832 dengan interpretasi tinggi. Keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri berbantuan aplikasi YouTube mendapatkan nilai 94% pada pertemuan pertama memuat 18 kegiatan pembelajaran dan 4 sintaks inkuiri (orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, dan mengumpulkan data), 97,5% pada pertemuan kedua memuat 23 kegiatan pembelajaran dan 6 sintaks inkuiri (menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan, orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, dan mengumpulkan data), serta 93,75% pada pertemuan ketiga memuat 16 kegiatan pembelajaran dan 2 sintaks inkuiri (menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan) dengan interpretasi keseluruhan dalam kriteria sangat baik. Data ketercapaian HOTS yang diperoleh sebesar 100% dengan interpretasi sangat baik dan peningkatan HOTS ditinjau dari N-gain yang didapatkan sebesar 0,716 dengan interpretasi tinggi. Ketercapaian profil HOTS yang diperoleh peserta didik yakni sebesar 82,222% pada C4 (metakognitif) dan 80% pada C5 (metakognitif) dengan interpretasi keseluruhan dalam kriteria baik. Peserta didik memberikan respons yang positif terhadap penerapan model inkuiri berbantuan aplikasi YouTube dengan persentase respons sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri berbantuan aplikasi YouTube dapat dinyatakan efektif untuk meningkatkan HOTS peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
Kata Kunci : model inkuiri, aplikasi YouTube, peningkatan HOTS.
ABSTRACT
The purpose of this study was to describe the validity of learning devices, the implementation of the learning process, the achievement of HOTS, the achievement of HOTS profiles, and the response of students from the application of inquiry models assisted by YouTube applications on plant growth and development material. The research was conducted at SMAN 1 Taman Sidoarjo in class XII IPA 5 followed by 36 students. The research design used is the One Group Pretest-Posttest with Purposive Sampling sampling technique and analysis using quantitative descriptive analysis. Based on the results of the study, it shows that the validity of learning devices in the form of teaching modules gets a validity index of 0.833 and the pretest and posttest question grids are 0.823 and 0.832 with high interpretation. The implementation of the learning process by applying the inquiry model assisted by the YouTube application received a score of 94% at the first meeting which contained 18 learning activities and 4 inquiry syntaxes (orientation, formulating problems, formulating hypotheses, and collecting data), 97.5% at the second meeting which contained 23 learning activities and 6 inquiry syntaxes (testing hypotheses, formulating conclusions, orientation, formulating problems, formulating hypotheses, and collecting data), and 93.75% at the third meeting which contained 16 learning activities and 2 inquiry syntaxes (testing hypotheses and formulating conclusions) with an overall interpretation in very good criteria. The HOTS achievement data obtained was 100% with a very good interpretation and the HOTS improvement in terms of the N-gain obtained was 0.716 with a high interpretation. The HOTS profile achievement obtained by students was 82.222% at C4 (metacognitive) and 80% at C5 (metacognitive) with an overall interpretation of good criteria. Students gave a positive response to the application of the inquiry model assisted by the YouTube application with a response percentage of 89% with very good criteria. It can be concluded that the application of the inquiry model assisted by the YouTube application can be declared effective for increasing students' HOTS on plant growth and development material.
Keywords : inquiry model, YouTube application, HOTS improvement.