PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOUCHMATH BERBASIS MULTISENSORI DALAM MEMBILANG DAN MENGENALKAN LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA
ABSTRAK
Wahyuningtyas, Rina, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran TouchMath Berbasis Multisensori Dalam Membilang Dan Mengenal Bilangan bagi Siswa Tunagrahita.
Kata-kata Kunci : Tunagrahita, Media pembelajaran, Matematika, TouchMath
Hasil studi pendahuluan di SDLB C Kumala Wardhana, Surabaya menjumpai siswa tunagrahita mengalami kesulitan dalam belajar mengenal bilangan. Hali ini dikarenakan siswa tungrahita mempunyai kesulitan untuk berpikir secara abstrak. Untuk menolong siswa dengan latar belakang ini perlu ada pengembangan media pembelajaran yang berbasis multisensori yang memanfaatkan aspek visual, auditori dan rabaan/sentuhan. Media yang dapat menggabungkan ketiga aspek diatas adalah TouchMath.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran TouchMath berbasis multisensori dalam membilang dan mengenal bilangan bagi siswa tunagrahita, 2) Mengetahui validitas media pembelajaran TouchMath berbasis multisensori dalam membilang dan mengenal bilangan bagi siswa tunagrahita.
Penelitian ini menggunakan desain modifikasi model fourD- Thiagarajan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa tunagrahita. Peneliti 4menerapkan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (development).
Validitas media dilakukan oleh validator dengan melakukan uji validasi pada media pembelajaran TouchMath berbasis multisensori. Kesimpulan yang didapat bahwa media media pembelajaran TouchMath berbasis multisensori belum memenuhi kriteria validitas.
Wahyuningtyas, Rina, 2020. Development of multisensori-based Touchmath learning media in counting and knowing number symbol for mental retardation student.
Kata-kata Kunci : mental retardation, learning, mathematics, TouchMath
The observation result in SDLB C Kumala Wardhana, Surabaya found that mental retardation students get difficulties in learning of number. It is caused that this student has difficulty in abstract thought. To help the students in this background needs to develop multisensory-based learning media that cover visual, auditory and tactile aspect. Learning media that can combine all those aspects is TouchMath
This study aims to: 1) produce multisensory-based TouchMath learning media in counting and knowing number symbol for mental retardation student, 2) know validity of multisensory-based TouchMath learning media in counting and knowing number symbol for mental retardation student.
This research uses modification design four D model of Thiagarajan that is adapted to the need of mental retardation student. The researcher applies the steps of define, design and develop.
The validity of this learning media is tested by validator using validation test on multisensori-based TouchMath learning media. A result of multisensori-based TouchMath learning media have not fulfilled the validity criteria.