VALIDASI PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN MEDIA MINIATUR PONDASI STRAUSS PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 1 KEDIRI
VALIDATION OF LEARNING DEVICES AND MINIATURE MEDIA OF STRAUSS FOUNDATIONS IN DRAWING LESSONS WITH SOFTWARE AT SMK NEGERI 1 KEDIRI
Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan belajar pada materi menggambar detail konstruksi beton bertulang menggunakan perangkat lunak. Kesulitan peserta didik adalah saat membayangkan rangkaian penulangan yang sesungguhnya di lapangan apabila guru mengajar dengan lembar kerja 2D saja. Pemilihan media yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dapat dijadikan sebagai inovasi oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validasi perangkat pemebelajaran dan media miniatur pondasi strauss pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak.
Pengujian validitas instrumen dengan jenis validitas konstrak (construck validity) dilakukan berdasarkan pendapat ahli (judgment expert) dengan jumlah tenaga ahli, yakni dua validator dari Jurusan Teknik Sipil Unesa dan satu validator dari SMK. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran yang berupa lembar validasi silabus, RPP, materi, soal dan media berupa miniatur pondasi strauss. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian angket kelayakan perangkat pembelajaran dan media miniatur pondasi strauss. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data validasi perangkat perangkat pembelajaran dan media miniatur pondasi strauss melalaui lembar angket yang diisi oleh validator.
Hasil validasi perangkat pembelajaran meliputi: 1) Silabus dengan prosentase sebesar 96,00% dinyatakan sangat layak digunakan, 2) RPP dengan prosentase sebesar 96,67% dinyatakan sangat layak digunakan, 3) Materi dengan prosentase sebesar 86,00% dinyatakan sangat layak digunakan, 4) Soal dengan prosentase sebesar 94,29% dinyatakan sangat layak digunakan, 5) Hasil validasi media miniatur pondasi strauss adalah sebesar 91,00% dinyatakan sangat layak digunakan, sehingga perangkat dan media pembelajaran dapat dinyatakan sangat layak digunakan secara keseluruhan.
Kata Kunci: Media Miniatur, Pondasi Strauss, Menggambar dengan Perangkat Lunak.
The background of this research is learning difficulties in drawing details of reinforced concrete construction materials using software. The difficulty of students is when imagining the actual series of repetitions in the field when the teacher teaches only 2D worksheets. The selection of the right media and in accordance with the learning objectives to be achieved can be used as an innovation by the teacher to create optimal learning. This study aims to describe the result of the validation of devices and miniature strauss foundation on drawing subjects with software.
Testing the validity of the instrument with the construck validity type was carried out based on expert opinion (expert judgment) with the number of experts, namely two validators from the Department of Civil Engineering, Unesa and one validator from SMK. The research instrument used was a learning device validation sheet in the form of a syllabus, lesson plants, material, questions and media in the form of a miniature strauss foundation. Data collection techniques used were filling out the questionnaire on the feasibility of learning tools and miniature strauss foundation. The analysis technique used is the data analysis of the validation of learning devices and miniature media of the strauss foundation through a questionnaire filled out by the validator.
The result of the learning device validation include: 1) Syllabus with a percentage of 96.00% declared very feasible to use, 2) RPP with a percentage of 96.67% declared very feasible to use, 3) Material with a percentage of 86.00% declared very feasible to use, 4) Questons with a percentage of 94.29% were declared very feasible to use, 5) The result of the validation of the miniature strauss foundation media amounting to 91.00% were declared very feasible to use, so that the learning devices and media can be declared very fit for use as a whole.
Keywords: Miniature Media, Strauss Foundation, Drawing With Software