Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran keterampilan sosial pada siswa berkebutuhan khusus di SDN Klampis Ngasem 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan secara holistik mengenai pembelajaran keterampilan sosial pada siswa berkebutuhan khusus melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.
Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan memahami karakteristik ABK, menyusun RPP modifikasi dan menentukan keterampilan sosial sesuai kemampuan dan potensi ABK. Pelaksanaan strategi pembelajaran keterampilan sosial pada ABK memiliki perbedaan di setiap jenjang kelas yakni pendekatan kasih sayang di kelas I dan II, penggunaan benda konkret di kelas III, strategi pembelajaran kooperatif di kelas IV dan strategi pembelajaran integrasi di kelas V. Evaluasi hasil belajar ABK melalui penilaian pembelajaran dan kegiatan lanjutan.
Hasil penelitian ini sekaligus membuktikan bahwa guru-guru kelas di SDN Klampis Ngasem 1 Surabaya telah menguasai kompetensi pedagogik guru dalam aspek menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional dan intelektual.
Kata Kunci: Pembelajaran Keterampilan Sosial, Sekolah Inklusi, Siswa Berkebutuhan Khusus.
The purpose of this research was to analysis the planning, implementation and evaluation of learning social skills on the exceptional students in elementary school of Klampis Ngasem 1 Surabaya. This research used qualitative approach with descriptive methods that describes holistically about teacher learning social skills in exceptional students through three stages that planning, implementation and evaluation of learning.
Researcher used three type of qualitative research: interview, observation and study of documentation. The result was showed that planned by understanding the characteristics of exceptional students. The implementation of social skills learning strategies tailored to the abilities and potential of exceptional students. The implementation of social skills learning strategies in the exeptional students has a difference in each level of the class, namely the approach of affection in class I and II, the use of concrete objects in class III, cooperative learning strategies in class V. The evaluation the learning outcomes of the exceptional students.
This research result at the same proved the theory of teacher’s pedagogical competence aspects of ability to master the characteristics of students from the physical, moral, social, cultural, emotional and intellectual aspects.
Keywords: Social Skills Learning, Inclusive School, Exceptional Students.