EFEKTIVITAS EVENT DALAM PROMOSI DIGITAL GRESSMALL GRESIK UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG
EVENT EFFECTIVENESS IN DIGITAL PROMOTION OF GRESSMALL GRESIK TO INCREASE THE NUMBER OF VISITORS
Abstrak
Perkembangan teknologi digital telah mengubah strategi pemasaran pusat perbelanjaan, menuntut pelaku usaha untuk menyesuaikan pendekatan guna meningkatkan daya saing. Pengabungan antara event dan digital menjadi strategi utama dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan keterlibatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas event dalam promosi digital GressMall Gresik untuk meningkatkan jumlah pengunjung, serta meningkatkan brand awareness dan menarik lebih banyak pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan beberapa informasi deskriptif. Landasan teori yang digunakan adalah model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share), yang menjelaskan tahapan perilaku konsumen dalam era digital, terutama dalam pencarian informasi dan berbagi pengalaman melalui internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gresmall Gresik menerapkan berbagai strategi digital marketing, termasuk konten interaktif, promosi digital, dan strategi komunikasi efektif untuk membangun interaksi dengan konsumen serta meningkatkan loyalitas pelanggan. GressMall Gresik berupaya sebagai pusat perbelanjaan berupaya memperkuat daya tariknya di tengah persaingan yang semakin ketat. Kesimpulan penelitian Penerapan digital marketing di GressMall Gresik, khususnya dengan model AISAS, terbukti efektif tidak hanya mengatasi tantangan pemasaran konvensional, tetapi juga meningkatkan daya tarik mall bagi para pengunjung.
Kata Kunci: Event, Promosi Digital, Media Sosial, Gresmall Gresik.
The development of digital technology has changed the marketing strategy of the competition center, requiring business actors to adjust their approach to increase competitiveness. The combination of events and digital is the main strategy in expanding market reach and increasing consumer engagement. This study aims to describe the effectiveness of using events in GressMall Gresik's digital promotion to increase the number of visitors, as well as increase brand awareness and attract more customers. This study uses a qualitative descriptive method by collecting some descriptive information. The underlying theory used is the AISAS model (Attention, Interest, Search, Action, Share), which explains the stages of consumer behavior in the digital era, especially in searching for information and sharing experiences via the internet. The results of the study show that Gresmall Gresik implements various digital marketing strategies, including interactive content, digital promotions, and effective communication strategies to build interactions with consumers and increase customer loyalty. GressMall Gresik strives as a marketing center to strengthen its appeal amidst increasingly fierce competition. Conclusion of the study The application of digital marketing in GressMall Gresik, especially with the AISAS model, has proven effective not only in overcoming conventional marketing challenges, but also increasing the mall's appeal to visitors.
Keywords: Event, Digital Promotion, Social Media, Gresmall Gresik