APLIKASI INTUITIONISTIC FUZZY MULTISETS DALAM PEMILIHAN E-COMMERCE TERBAIK
INTUITIONISTIC FUZZY MULTISETS APPLICATION IN THE BEST E-COMMERCE SELECTION
Negara Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan teknologi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi aktivitas masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, khususnya pada masa pandemi Covid-19. Salah satu bentuk aktivitas masyarakat khususnya dalam bidang ekonomi yang mengalami perubahan cukup signifikan akibat pandemi Covid-19 yaitu dalam hal transaksi jual-beli. Untuk menanggulangi hal tersebut, masyarakat mayoritas beralih dengan menggunakan e-commerce. Perkembangan e-commerce di Indonesia semakin meningkat dengan banyaknya perusahaan e-commerce yang berdiri hingga saat ini seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan masih banyak lagi. Dari berbagai macam pilihan e-commerce yang terdapat di Indonesia terkadang membuat masyarakat sebagai konsumen menjadi bingung dalam memilih e-commerce terbaik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan sistem pendukung keputusan dalam pemilihan e-commerce terbaik berdasarkan beberapa kriteria dengan menggunakan metode Jarak Euclidean dalam Intuitionistic Fuzzy Multisets (IFMS). Penelitian ini menggunakan lima alternatif e-commerce yaitu Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Penilaian terhadap e-commerce didasarkan pada enam kriteria yaitu harga, variasi produk, variasi metode pembayaran, variasi metode pengiriman, kesesuaian produk dengan gambar, dan voucher yang diberikan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil studi kasus terhadap 20 responden yang pernah menggunakan e-commerce dan data diperoleh melalui pembagian kuisioner berupa google form. Hasil penelitian diperoleh e-commerce terbaik berdasarkan banyaknya responden yang direkomendasikan yaitu Lazada, dengan jumlah responden yang direkomendasikan sebanyak 9 responden.
Recently, Indonesia experiencing a very rapid technology development. The rapid technology developments affect people's activities in daily life, especially during the Covid-19 pandemic. One of people’s activity which has experienced significant changes due to the Covid-19 pandemic, is in terms of buying and selling transactions. To overcome this, majority people switch to using e-commerce. The development of e-commerce in Indonesia is increasing with the number of e-commerce companies that exist today such as Shopee, Lazada, Tokopedia, and more. From the various kinds of e-commerce options found in Indonesia, sometimes people as consumers become confused in choosing the best e-commerce. Therefore, this study aims to recommend a decision support system in selecting the best e-commerce based on several criteria using the Euclidean distance on Intuitionistic Fuzzy Multisets (IFMS) method. This study uses five e-commerce alternatives, namely Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, and Blibli. The assessment of e-commerce is based on six criteria, namely price, product variation, payment method variation, delivery method variation, product conformity with the image, and the voucher provided. The data used in this study is the result of a case study from 20 respondents who have used e-commerce and the data was obtained through the distribution of a questionnaire in a google form. The result from this research showed that the best e-commerce based on the number of respondents recommended is Lazada, with the recommended number of respondents as many as 9 respondents.