Motivational Self System among Secondary Schools Students in Urban and Rural Place
Sudah jelas bahwa sistem motivasi diri dalam Bahasa kedua memainllan peran penting dalam motivasi siswa di pembelajaran Bahasa Inggris. Namun banyak dari penelitian terdahulu hanya berfokus pada aspek pedagogik dan aspek praktek. Terlebih lagi, penelitian terdahulu mengenai sistem motivasi diri telah dilaksanakan di luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sistem motivasi diri dalam Bahasa kedua dari siswa sekolah mengengah di perkotaan dan pedesaan untuk menemukan apakah ada perbedaan sistem motivasi diri dalam Bahasa kedua di dua tempat pembelajaran yang berbeda. Data diperoleh dari angket yang sudah disebarkan ke siswa SMP dan SMA di Lamongan dan Surabaya. Hasilnya menunjukkan bahwa ideal L2 self adalah komponen tertinggi secara statistic dalam sistem motivasi diri Bahasa kedua di perkotaan dan pedesaan. Kemudian, hasil uji t independent menemukan bahwa pengalaman belajar Bahasa kedua di sekolah kota berbeda dengan sekolah desa. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa pengalaman belajar Bahasa kedua di sekolah berbeda di SMP dan SMA.
It was clear that L2 motivational self-system plays an important role in students’ motivation in learning English. However, most of the previous study focus on pedagogical and practical aspect. Moreover, previous studies about motivational self-system had been done abroad. The current study was aimed to investigate L2 motivational self-system of secondary schools’ students in urban and rural place in order to find out whether any differences in the L2 motivational self-system in two different learning areas also in two different levels of study. The data were carried from the questionnaire that had been distributed to junior and senior high schools’ students in Lamongan and Surabaya. The result showed that the ideal L2 self was statistically the highest components in the L2 motivational self-system in urban and rural place. Later, the independent t-test found that L2 learning experiences in urban schools differ from rural schools. Furthermore, in the different levels of study, this study found that in the L2 learning experience in school was different in junior and senior high school.