ABSTRAK
Prasetyo, Wahyu Dwi. 2018. Studi Evaluatif Tingkat Kompetensi Guru PJOK Sekolah Dasar Kecamatan Pogalan dan Kecamatan Bendungan di Kabupaten Trenggalek. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Drs. Suroto, M.A., Ph.D. dan (II) Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T.
Kata Kunci: Tingkat kompetensi guru, Uji Kompetensi Guru (UKG), masa kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kompetensi guru yang sebelumnya menggunakan uji kompetensi guru (UKG) dengan model penilaian diri sendiri disertai bukti fisik terlepas dari tuntutan jawaban yang disediakan serta tingkat kompetensi dengan berdasarkan masa kerja dari guru PJOK SD.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitaif model Goal Oriented Evaluation. Hasil data adalah data ordinal maka analisis data yang digunakan non-parametris. Hasil analisis data uji kompetensi guru (UKG) dan pengukuran kadar keguruan adalah sebesar 0,858 dari hasil tersebut dinyatakan bahwa hasil uji kompetensi guru (UKG) berhubungan sangat kuat dan signifikan terhadap pengukuran kadar keguruan serta dapat digunakan sebagai alternatif pengukuran tingkat kompetensi guru. Tingkat kompetensi berdasarkan hasil pengukuran kadar keguruan yang termasuk dalam kategori biasa sebanyak 9 orang (17,30%), untuk guru PJOK yang termasuk dalam kategori baik termasuk 36 orang (62,20%), sedangkan untuk guru PJOK yang termasuk dalam kategori hebat sebanyak 7 orang (13,50%). Analisis masa kerja didapatkan kesimpulan nilai korelasi sebesar minus 0,292 dan ada pengaruh signifikan antara masa kerja dengan tingkat kompetensi dan diambil kesimpulan bahwa semakin tinggi masa kerja semakin rendah tingkat kompetensi guru.
ABSTRACT
Prasetyo, Wahyu Dwi, 2018. Evaluative Study of Physical Education Teacher Competency Level in Pogalan and Bendungan District, Trenggalek. Thesis, Physical Education Study, Postgraduate Universitas Negeri Surabaya. Advisors: (I) Drs. Suroto, M.A., Ph.D. dan (II) Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T
Keywords: Teacher Competency Level, Teacher Competency Test (UKG), Work Period
The purpose of this research is to find out how the level of teachers competence who previously used Teacher competency test (UKG) with a self-assessment model herewith the physical evidence regardless of the demands provided answer and the level of competence based on the work period of the Physical elementary teacher.
This research was design using evaluative research that used a quantitative descriptive approach based on the Goal Oriented Evaluation model. The results of the data are ordinal data, so the analysis of the data used non-parametric. The results of the teacher competency test (UKG) data analysis and measurement of teacher level were 0.858, from these results stated that teacher competency test (UKG) correlated very strongly and significantly to the measurement of teacher level and could be used as an alternative measure of teacher competency levels. There were 3 levels of competence based on the measurement of teacher. They were normal, good and excellent category. Based on the results there were 9 teachers (17.30%) in the normal category, 36 teachers (62.20%) in good category, and 7 teachers (13.50%) in excellent category. So, work period analysis concluded that the correlation value was minus 0.292 and there was a significant effect between work period and the competency level. The conclusion was the higher of work period, the lower of the teacher's competency level.