IMPLEMENTASI PENILAIAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA
THE IMPLEMENTATION OF SELF-ASSESSMENT IN EFL STUDENT'S SPEAKING PERFORMANCE
Banyak siswa merasa tidak percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris dan tidak banyak terlibat dalam refleksi diri terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka. Self-assessment adalah salah satu teknik penilaian yang memerlukan keikutsertaan siswa dalam prosesnya. Peneliti mengadakan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris para siswa setelah mengimplementasikan self-assessment. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain Posttest-Only Control Design. Terdapat patisipan berjumlah 34 mahasiswa tahun pertama jurusan bahasa Inggris di sebuah universitas di Surabaya, Indonesia. Tujuh belas mahasiswa menjadi grup eksperimen dan tujuh belas mahasiswa lainnya menjadi grup kontrol. Data yang diperoleh peneliti dianalisis menggunakan uji Independent Samples t-test. Hasil analisis dari uji Independent Samples t-test mengindikasikan terdapat hasil signifikan atas kemampuan berbicara bahasa Inggris para siswa setelah melakukan self-assessment. Sehingga, para guru disarankan untuk menerapkan self-assessment guna membantu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris para siswa.
Kata Kunci: speaking performace, self-assessment, EFL students
A lot of EFL students feel unconfident in performing their English-speaking performance and do not have a decent engagement in self-reflection of their speaking performance development. Self-assessment is one of the assessment techniques that requires students’ participation in its process. The study was conducted to explore whether the implementation of self-assessment results a significant difference in EFL students’ speaking performance. The researcher conducted a quantitative study with a Posttest-Only Control Design. 34 first-year EFL students became the participants in this study. Seventeen students took part in an experimental group and the other seventeen students took part in a control group, in English department at a university in Surabaya, Indonesia. The researcher analyzed data using an Independent Samples t-test. The findings of the Independent Samples t-test indicate that there is a significant difference in experimental group students’ speaking performance after implementing self-assessment. Thus, the teachers are recommended to promote the use of self-assessment in facilitating students’ speaking performance.
Keywords: speaking performance, self-assessment, EFL students