MS Glow merupakan salah satu produk kecantikan yang saat ini sudah mendapatkan sertifikat halal pada produknya, sebagai konsumen muslim harus lebih selektif dalam memilih produk kecantikan yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan sesuai dengan hukum syariat Islam.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen muslim terhadap produk yang bersertifikat halal Ms Glow di Surabaya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen muslim memiliki dua persepsi yaitu peduli dan kurang peduli terhadap sertifikat halal, konsumen muslim yang peduli merupakan konsumen yang menginginkan untuk diberikannya sertifikat halal pada semua jenis produk Ms Glow dengan adanya bukti label halal di kemasan meskipun konsumen muslim tersebut tidak menggunakannya. Sedangkan konsumen muslim yang kurang peduli yaitu tidak mempermasalahkan sertifikat halal pada semua produk Ms Glow.
Kata kunci: Persepsi, konsumen muslim, sertifikat halal.
Ms Glow is a beauty product that already gained halal certification on their products. As Muslim consumers, we must be selective in choosing beauty product that will be used in daily and proper with Islamic law.
This research used qualitative descriptive method that aimed to find out Muslim consumers’ perception towards halal certification of Ms Glow beauty product. The findings of this research indicate that Muslim consumers have two perceptions, which are care and care less about halal certification. Muslim consumers who care about it are consumers who need all of Ms Glow products labelled with halal certification on the packaging even though they do not use it. Where as Muslim consumers who care less are consumers who does not concern about halal certification in all Ms Glow products, and they still use it.
Keyword: Perception, Muslim Consumers, Halal Certification.