GAYA BAHASA DAN TEKNIK PERSUASI PADA IKLAN INSTAGRAM TOKO KOSMETIK DARING SOCIOLLA
LANGUAGE STYLE AND PERSUASION TECHNIQUES ON SOCIOLLA ONLINE COSMETICS STORE INSTAGRAM ADS
Penggunaan bahasa dilakukan untuk berkomunikasi dan berinteraksi antar masyarakat. penggunaan bahasa berkaitan dengan ilmu sosiolinguistik dan ilmu pragmatik, yakni sosiopragmatik. Penggunaan bahasa juga penting dalam dunia iklan. Penggunaan bahasa iklan memiliki ciri khas, yakni menggunakan bahasa persuasi. Iklan memiliki peran penting untuk menawarkan jasa atau produk yang sering dijumpai dalam bentuk media cetak dengan menampilkan gambar dan tulisan. Iklan di dalamnya terdapat kata dan visual yang menarik perhatian untuk dibaca masyarakat. Seiring berkembangnya teknologi, industri perdagangan beralih ke media sosial, seperti instagram untuk mengiklankan produk. Saat ini, iklan kecantikan banyak diminati oleh perempuan. Iklan kecantikan tersebut dapat ditemui pada toko kosmetik daring Sociolla. Iklan yang ditampilkan pada laman instagram Sociolla memiliki keunikan, yaitu menggunakan bahasa yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa dan teknik persuasi iklan toko kosmetik daring Sociolla pada media sosial instagram. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kalimat yang memiliki gaya bahasa dan teknik persuasi. Sumber data penelitian ini adalah unggahan foto iklan Sociolla di media sosial instagram. Pengumpulan data mengggunakan teknik catat. Pada analisis data, yakni mengumpulkan, mengklasifikasi, menganalisis, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini ditemukan empat macam gaya bahasa, yakni gaya bahasa penegasan, meliputi gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan gaya bahasa sindiran. Selain itu, juga ditemukan lima macam teknik persuasi, yaitu teknik konformitas, teknik identifikasi, teknik rasionalisasi, teknik kompensasi, dan teknik sugesti.
Kata Kunci: Iklan, Persuasi, Instagram.
The use of language is done to communicate and interact between communities. the use of language is related to sociolinguistic and pragmatic science, i.e. sociopraragmatic. The use of language is also important in the world of advertising. The use of advertising language has a distinctive feature, namely using persuasion language. Advertising has an important role to offer services or products that are often encountered in the form of print media by displaying images and writing. The ads contain words and visuals that attract people to read. As technology evolves, the trading industry is turning to social media, such as instagram to advertise products. Nowadays, beauty ads are in great demand by women. The beauty ad can be found on sociollaonline cosmetics store. The ads displayed on Sociolla's instagram page are unique, using a variety of languages. This study aims to describe the style of language and techniques of persuasion advertising sociolla online cosmetic store on social media instagram. This research method is descriptive qualitative. This research data is a sentence that has a style of language and persuasion techniques. The source of this research data is sociolla ad photo upload on instagram social media. Data collection uses note-taking techniques. In data analysis, i.e. collecting, classifying, analyzing, and concluding data. The results of this study found four kinds of language styles, namely affirmation language style, including comparative language style, conflicting language style satire style. In addition, five kinds of persuasion techniques were also found, namely conformity techniques, identification techniques, rationalization techniques, compensation techniques, and suggestion techniques.
Keywords: Advertisement, Persuasion, Instagram.