PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS DIFERENSIASI MERDEKA BELAJAR DI SMKN 1 JABON
THE INFLUENCE OF DISCOVERY LEARNING MODEL ON DIFFERENTIATION LEARNING CLASSES IN SMKN 1 JABON
Pendidikan memungkinkan orang untuk memperoleh pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dapat meningkatkan diri mereka sendiri. Oleh karena itu, pendidikan harus dirancang dengan baik untuk menghasilkan individu yang berkualitas, inovatif, kreatif, mandiri, dan mampu bersaing. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas hasil dari pendidikan adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan preferensi belajar peserta didik. Model pembelajaran discovery learning terintegrasi pendekatan diferensiasi adalah salah satu rencana yang tepat untuk diterapkan pada kelas yang menerapkan kurikulum merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran discovery learning terintegrasi pendekatan diferensiasi pada kelas XI TKRO 2 SMKN 1 Jabon yang menerapkan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode Quasi-Experimental desain Nonequivalent (Pre-test and Post-test) Control-Group Design. Sampel penelitian ini adalah 32 siswa XI TKRO 2 dan 32 siswa TKRO 1 di SMK Negeri 1 Jabon sebagai sekolah penggerak merdeka belajar. Pengumpulan data berupa tes tulis dengan model pilihan ganda sebanyak 25 butir soal yang diterapkan pada pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dalam bentuk analisis deskriptif-kuantitatif meliputi: uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, uji independent sample t-test dan uji normality gain score, serta analisis pemodelan rasch model pada uji terbatas. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning terintegrasi pendekatan diferensiasi pada kelas merdeka belajar SMKN 1 jabon memiliki peningkatan positif yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai signifikansi pengujian paired samples test sebesar 0,000.
Kata Kunci: discovery learning, diferensiasi, hasil belajar
Education enables individuals to acquire knowledge, attitudes, and skills that can enhance self-improvement. Therefore, education should be well-designed to produce individuals who are of high quality, innovative, creative, independent, and capable of competing. One factor that influences the quality of education outcomes is by implementing the appropriate learning model according to the preferences of the learners. Integrated discovery learning with a differentiation approach is one suitable plan to be applied in classes that implement independent learning curriculum. The objective of this research is to determine the impact of implementing integrated discovery learning with a differentiation approach in class XI TKRO 2 at SMKN 1 Jabon, which implements the independent learning curriculum. This quantitative research used a Quasi-Experimental Nonequivalent (Pre-test and Post-test) Control- Group Design. The sample consisted of 32 students from XI TKRO 2 and 32 students from TKRO 1 at SMK Negeri 1 Jabon, which is a school implementing the independent learning curriculum. Data collection involved a written test with 25 multiple-choice questions applied in both pretest and posttest. Data analysis was conducted through descriptive- quantitative analysis, including normality tests, homogeneity tests, paired sample t-tests, independent sample t-tests, normality gain score tests, and Rasch model modeling analysis in limited tests. The results indicated that the implementation of integrated discovery learning with a differentiation approach in the independent learning class at SMKN 1 Jabon showed a significant positive improvement in students' learning outcomes, as evidenced by the significance value of the paired samples test being 0.000.
Keywords: discovery learning, differentiation, learning outcomes.