Kelayakan Instrumen Tes Keterampilan Argumentasi pada Larutan Penyangga dalam Kehidupan Sehari-hari
Feasibility of Argumentation Skills Test Instrument on Buffer Solution in Daily Life
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes keterampilan argumentasi yang valid dan reliabel. Kelayakan instrumen tes keterampilan argumentasi ditinjau dari validitas teoritis (isi dan konstruk), validitas empiris, dan reliabilitas. Respon peserta didik juga digunakan untuk melihat penggunaan instrumen tes oleh peserta didik. Instrumen tes keterampilan argumentasi digunakan sebagai alternatif asesmen dengan tujuan khusus untuk mengetahui apakah keterampilan argumentasi sudah menginternalisasi dalam kognitif peserta didik. Alternatif asesmen ini lebih difokuskan kepada peranan larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari. Instrumen tes ini dapat digunakan sebagai alat ukur untuk mengetahui keterampilan argumentasi peserta didik pada larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari. Instrumen tes keterampilan argumentasi disusun menggunakan Toulmin Argumentation Pattern (TAP) yang terdiri dari enam indikator, yakni: (1) claim; (2) evidence; (3) warrant; (4) backing; (5) qualifier; (6) rebuttal. Pengembangan instrumen tes keterampilan argumentasi menggunakan model pengembangan ADDIE. Data hasil penelitian diperoleh dari: (1) validitas yang terdiri dari validitas teoritis yakni isi dan konstruk yang menggunakan modus skor minimal 4 dengan kategori valid dan validitas empiris yang menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan kriteria valid jika rhitung > rtabel, (2) reliabilitas instrumen tes menggunakan Alpha Cronbach dengan kriteria reliabel jika rhitung > rtabel, serta (3) respon peserta didik menggunakan angket respon dengan kriteria baik jika mendapatkan persentase respon positif ≥ 61%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas teoritis instrumen tes dari segi isi dan konstruk memiliki modus skor 5 dengan kriteria sangat valid. Instrumen tes keterampilan argumentasi memiliki nilai rhitung dengan masing-masing faktor pada setiap fenomena sebesar 0,807; 0,879; 0,911; 0,911 yang dinyatakan valid. Reliabilitas instrumen tes keterampilan argumentasi memiliki nilai rhitung sebesar 0,876 sehingga dinyatakan reliabel. Respon peserta didik mengenai instrumen tes ini mendapatkan nilai 95,14% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validitas, reliabilitas, dan respon peserta didik yang diperoleh instrumen tes keterampilan argumentasi dinyatakan layak untuk digunakan dan dapat mengukur keterampilan argumentasi peserta didik pada larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Instrumen tes, keterampilan argumentasi, larutan penyangga.
The purpose of this research is to develop a valid and reliable argumentation skills test instrument. The feasibility of argumentation skill test instruments is reviewed from theoretical validity (content and construct), empirical validity, and reliability. Student responses are also used to see the use of test instruments by learners. The argumentation skills test instrument is used as an alternative assessment with a special purpose to find out whether argumentation skills have been internalized in the students cognitive. This alternative assessment is more focused on the role of buffer solutions in daily life. This test instrument can be used as a measuring tool to determine students' argumentation skills on buffer solutions in daily life. The argumentation skill test instrument is prepared using the Toulmin Argumentation Pattern (TAP) which consists of six indicators, namely: (1) claim; (2) evidence; (3) warrant; (4) backing; (5) qualifiers; and (6) rebuttal. Development of argumentation skills test instruments using the ADDIE development model. The research data were obtained from: (1) validity consisting of theoretical validity, namely content and construct using a minimum score mode of 4 with valid categories and empirical validity using Pearson Product Moment correlation with valid criteria if r calculate > r table, (2) reliability of test instruments using Alpha Cronbach with reliable criteria if r calculate > r table, and (3) student responses using response questionnaires with good criteria if they get a percentage of positive responses ≥ 61%. The results showed that the theoretical validity of the test instrument in terms of content and construct has a score mode of 5 with very valid criteria. The argumentation skill test instrument has a calculated r value with each factor on each phenomenon of 0,807; 0,879; 0,911; 0,911 which is declared valid. The reliability of the argumentation skill test instrument has a calculated r value of 0,876 so that it is declared reliable. The students' response regarding this test instrument received a score of 95,14% in the very good category. Based on the results of validity, reliability, and student responses obtained by the argumentation skills test instrument is declared suitable for use and can measure students' argumentation skills on buffer solutions in daily life.
Keywords: test instruments, argumentation skills, buffer solutions.