Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, keterampilan literasi sains peserta didik, dan respons peserta didik terhadap penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design dengan One Grup Pretest-Posttest Design. Sasaran dalam penelitian ini adalah 33 peserta didik kelas XI di MAN Surabaya. Hasil penelitian setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing menunjukkan bahwa: 1) Persentase rata-rata skor keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 sebesar 3,50 (sangat baik), pertemuan 2 sebesar 3,67 (sangat baik), dan pertemuan 3 sebesar 3,77 (sangat baik), 2) Peserta didik telah menggunakan persentase waktu sebesar 14,98%; 30,74%; dan 24,69% untuk berlatih keterampilan literasi sains meliputi menjelaskan fenomena ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, dan menafsirkan data dan bukti ilmiah, 3) keterampilan literasi sains peserta didik mengalami peningkatan dilihat dari pretest dan posttest yang dibuktikan dengan persentase total peserta didik yang memperoleh gain score dengan kategori sedang dan tinggi pada kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah sebesar 87,88%, kompetensi mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah sebesar 96,97%, dan kompetensi menafsirkan data dan bukti ilmiah sebesar 100%. Serta persentase total peserta didik pada keseluruhan kompetensi sebesar 100%, 4) Peserta didik memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatih keterampilan literasi sains peserta didik yang dibuktikan dengan persentase respon sebesar 88,38% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains, Kesetimbangan Kimia
This aims of the study are to describe the learning feasibilty, student’s activities, student’s scientific literacy skills, and student’s response to the implementation of guided inquiry learning in the chemical equilibrium topic. This study used a Pre-Experimental Design with One Group Pretest-Posttest Design. The target in this study is 33 students XI grade at MAN Surabaya. The result after implementation of guided inquiry learning model shows that:1) The average percentage of the learning feasibility score in the meeting1 is 3,50 (very good), meeting 2 is 3,67 (very good), and meeting 3 is 3,77 (very good), 2)Students have been using their percentage of times 14,98%; 30,74%; and 24,69% for train scientific literacy skills iclude explain scientific phenomena, evaluating and designing scientific investigations, and intrepet the data and scientific evidence, 3) Student’s scientific literacy skill have increased from pretest to posttest which proved by the percentage of total students who obtain gain scores in the medium and high categories of explaining scientific phenomena competence of 87.88%, evaluating and designing scientific investigations competence of 96.97%, and interpreting data and scientific evidence competence of 100%. And the percentage of total students in all competencies is 100%, 4) Student’s give positive response to the implementation of guided inquiry learning model to train student’s scientific literacy skills which the percentage of response is 88,38% with very good category.
Keywords: Guided Inquiry, Scientific Literacy, Chemical Equilibrium