Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi Model Argument-Driven-Inquiry yang memiliki kapasitas untuk melatihkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi larutan penyangga. Pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4D. Uji coba dilaksanakan menggunakan one group pretest-posttest design pada 34 orang peserta didik kelas XI IPA MA NU Sidoarjo. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, Buku Ajar, LKPD, dan tes literasi sains. Data penelitian diperoleh melalui metode validasi, pengamatan, tes, dan angket yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik dianalisis dengan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid dan sangat valid, (b) kegiatan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik, (c) kemampuan literasi sains peserta didik meningkat dengan kategori tinggi, dan (d) respon peserta didik yang diberikan terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi Model ADI yang dikembangkan memiliki kategori valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran untuk melatihkan literasi sains pada materi larutan penyangga.
This research aims to develop teaching materials oriented to Argument-Driven-Inquiry Model to train students’ science literacy on buffer solutions matter. This research adapted 4D development model. The trials of the teaching materials were carried out using one group pretest-posttest design on 34 students grade 11 MA NU Sidoarjo. The developed teaching materials include Lesson Plan, Student Book, Student Worksheets, and Science Literacy Tests. The research data were obtained through validation, observation, test, and questionnaire which were analyzed descriptively quantitative and qualitative. Improved students' science literacy skills were analyzed with n-gain. The research indicated that (a) the developed teaching materials are categorized as valid and very valid, (b) the learning activity was done very well, (c) the students’ science literacy skill increases with a high category, and (d) the students’ responds of the learning process are very good. Based on analysis results and discussion, it can be concluded that the developed teaching materials oriented to ADI Model are valid, practice, and effective. Therefore, it is feasible to use in learning to train science literacy on buffer solutions matter.