Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan multimedia interaktif yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Kimia materi Elektrokimia untuk siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan. Produk multimedia interaktif ini dikemas dalam bentuk CD yang berisi aplikasi multimedia interaktif, bahan penyerta, RPP dan Silabus pembelajaran elektrokimia.
Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh William W. Lee dan Diana L. Owens. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dari 1 ahli materi dan 1 ahli media untuk mengetahui kelayakan media, serta angket siswa untuk uji coba produk. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 45 siswa. 3 siswa untuk uji coba perorangan, 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 36 siswa untuk uji coba kelompok besar. Analisis data yang digunakan adalah Pretest dan Post-test one group design untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif.
Berdasarkan serangkaian uji kelayakan, hasil dari validasi ahli materi mendapat presentase sebesar 94%, validasi ahli media 100%. Sedangkan dari perhitungan angket uji coba produk, uji coba perorangan mendapat presentase sebesar 94,4%. uji coba kelompok kecil 93%, dan uji coba kelompok besar 96,3%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media dikategorikan sangat baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari analisis data tes, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest sebelum menggunakan multimedia interaktif dan posttest setelah menggunakan multimedia interaktif. Perhitungan menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung> ttabel, (23,98> 2,030). Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan yang dilakukan peneliti efektif untuk digunakan dalam pembelajaran elektrokimia siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan.
Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Kimia
Abstract
This development research aims to produce an appropriate and effective development of interactive multimedia in the learning of Chemistry Electrochemical materials for Xth grade students in Vocational School 1 Kalitengah Lamongan. This interactive multimedia product is packaged in the form of a CD containing interactive multimedia applications, accompanying materials, RPP and Syllabus for electrochemical learning.
This development research uses a model developed by William W. Lee and Diana L. Owens. The instrument used to collect data is interviewing material experts and media experts to find out the feasibility of the media, as well as student questionnaires for product trials. The subjects of this research trial were 45 students. 3 students for individual trials, 6 students for small group trials and 36 students for large group trials. Data analysis used is Pretest and Post-test One Group Design to determine the effectiveness of interactive multimedia.
Based on a series of feasibility tests, the results of the material expert validation got a percentage of 94%, media expert validation 100%. Whereas from the calculation of the product trial questionnaire, individual trials got a percentage of 94.4%. small group trials 93%, and large group trials 96.3%. From these results, it can be concluded that the media is categorized very well so that it is suitable for use in learning. The results of the test data analysis, there is a significant difference between the results of the pretest before using interactive multimedia and post-test after using interactive multimedia. Calculations using the t-test formula produce t count> t table, (23.98> 2.030). This shows that the development carried out by researchers is effective to be used in electrochemical learning of Xth grade students in Vocational School 1 Kalitengah Lamongan.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Chemistry