Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, dan pencapaian ketuntasan indikator keterampilan berpikir, serta respon peserta didik terhadap penerapan model inkuiri terbimbing pada materi alat optik. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental dengan desain one group pre-test and post-test design. Subjek pada penelitian ini sebanyak 105 peserta didik kelas XI di SMAN Driyorejo yang dibagi menjadi tiga kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes berpikir kritis, dan lembar angket respon peserta didik. Analisi data menggunakan analisis lembar keterlaksanaan, uji t-berpasangan, n-gain, ANAVA, dan analisis angket respon. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing terlaksana dengan sangat baik, (2) keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan pada kategori sedang dan tidak berbeda pada ketiga kelas, (3) pencapaian ketuntasan indikator keterampilan berpikir kritis peserta didik pada ketiga kelas telah tercapai tuntas pada keempat indikator yaitu interpretasi, evaluasi, inferensi dan eksplanasi sedangkan pada indikator analisis tidak tuntas, (4) Respon peserta didik terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori sangat baik.
This study aims to describe the implementation of learning, the students’ critical thinking skills, the achievement implementation indicator of students’ thinking skills, and the students’ response of guided inquiry learning model in optical instruments. This research type is Pre Experiment (one group pre-test and post-test design). The subject of this research is 105 students of class XI MIPA SMAN 1 Driyorejo which are divided by three class. The instruments used are an observation sheet of learning implementation, sheet of critical thinking, and sheet of students’ responses. This research data analyzed by implementation sheet analyze, t-pair test, n-gain, ANAVA and students’ response questionnaire. It can be conclude that (1) The implementation of guided inquiry learning model in very good category. (2) The students’ critical thinking skill is increases in moderate category ant not different of the others group. (3) The the achievement implementation indicator of student’s thinking skills on three class is achieved of the fourth indicator, that is interpretation; evaluation; inference, and explanation. Meanwhile on analyses indicator is not achieved. (4) The students’ response of guided inquiry learning model in very good category.