PROFIL KOMPETENSI STRATEGIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
STUDENTS STRATEGIC COMPETENCE PROFILES IN SOLVING MATHEMATICS PROBLEM BASED ON LEARNING STYLES
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kompetensi strategis siswa yang bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dalam memecahkan masalah matematika. Terdapat tiga subjek, satu bergaya belajar visual, satu bergaya belajar auditorial, satu bergaya belajar kinestetik, yang dipilih dari siswa kelas XI IPA dengan kriteria kemampuan matematika tinggi, komunikasi yang baik, dan berjenis kelamin sama. Instrumen pendukung yang digunakan, yaitu tes gaya belajar VAK, tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Dari hasil tersebut diperoleh deskripsi profil siswa visual, siswa auditorial, dan siswa kinestetik dalam memilih dan menerapkan strategi saat memformulasikan, merepresentasikan, serta memecahkan masalah sebagai berikut: (1) siswa visual membaca dalam hati, membayangkan, dan menggambar untuk memahami masalah; menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanya secara verbal dengan bantuan gambar; menggunakan gambar dan simbol untuk merepresentasikan masalah; mengamati, menganalisis dan memecah gambar untuk menemukan konsep serta rumus yang relevan; memecahkan masalah menggunakan konsep dan rumus tersebut. (2) Siswa auditorial membaca dengan suara lirih dan menggambar untuk memahami masalah; menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanya secara verbal serta tulisan; menggunakan gambar dan simbol untuk merepresentasikan masalah; mengamati gambar dan mengingat kembali pengetahuan yang dimiliki untuk menemukan konsep serta rumus yang relevan; memecahkan masalah menggunakan konsep dan rumus tersebut. (3) Siswa kinestetik membaca dalam hati sambil menggambar untuk memahami masalah; menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanya secara verbal disertai isyarat tubuh; menggunakan gambar dan simbol untuk merepresentasikan masalah; mengamati, menganalisis, dan memecah gambar untuk menemukan konsep serta rumus yang relevan; memecahkan masalah menggunakan konsep dan rumus tersebut; memeriksa secara acak untuk memeriksa kembali penyelesaian masalah. Hasil penelitian ini penting sebagai informasi untuk guru matematika mengenai kompetensi strategis siswa yang bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dalam memecahkan masalah matematika. Dari informasi tersebut diharapkan guru matematika mampu mendesain pembelajaran yang dapat memfasilitasi semua siswa dalam mengembangkan kompetensi strategisnya.Kata Kunci: kompetensi strategis, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya belajar kinestetik
The purpose of this research was to describe the profiles of students' strategic competences that have visual, auditory, and kinesthetic learning style in solving mathematics problem. There were three subjects, one visual student, one auditory student, one kinesthetic student, which were chosen from the eleventh grade students of Science with high mathematical abilities, good communication skills, and the same gender. The instruments used were the VAK learning style test, the mathematics ability test, the mathematics problem solving test, and the interview guidelines. The results obtained the description of visual student profile, auditory student profile, and kinesthetic student profile in selecting and implementing strategies when formulating, representing, and solving problems, as follows: (1) visual student read silently, imagined, and drew to understand the problem; mentioned the known and unknown information verbally with the help of images; used images and symbols to represent problems; observed, analyzed and broke down images to find relevant concepts and formulas; solved the problem using those concepts and formulas. (2) Auditory student read in a low voice and drew to understand the problem; mentioned the known and unknown information verbally and in writing; used images and symbols to represent problems; observed images and recalled her knowledge to find relevant concepts and formulas; solved the problem using those concepts and formulas. (3) Kinesthetic student read silently while drawing to understand the problem; mentioned the known and unknown information verbally followed by her body cues; used images and symbols to represent problems; observed, analyzed and broke down images to find relevant concepts and formulas; solved problems using those concepts and formulas; random checked to examine her solution. The results of this study are important as information for mathematics teachers about the strategic competences of visual, auditory, and kinesthetic students in solving mathematics problems. From this information, mathematics teachers are expected to be able to design learning that can facilitate all students in developing their strategic competences.
Keywords: strategic competence, visual learning style, auditory learning style, kinesthetic learning style