ABSTRAK
PENGARUH METODE BERCERITA BERBASIS MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP WAKTU PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Nama : Rintis Diningtias
NIM : 15010044032
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes.
Pengenalan konsep waktu merupakan ketrampilan pemahaman untuk memanajemen waktu dengan baik, Anak Tungrahita memilki intelektual dibawah anak rata – rata dan memepengaruhi dalam aspek kogntif dan memori yang terkait dalam pemahaman konsep waktu karena itu digunakan metode bercerita berbasis media gambar berseri, sehingga menciptakan kondisi pembelajaran yang aktiv dan bersifat kongkret, Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh metode bercerita berbasis media gambar berseri terhadap kemampuan pengenalan konsep waktu pada anak tunagrahita ringan.
Rancangan Penelitian menggunakan one grup pre test – post test design, teknik pengumpulan data berupa tes,teknik pengelolahan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon. n=7 dan nilai krisis sebesar 5%, maka Ttabel= 2, sedangkan T=0, sehingga menjadi T < Ttabel,T, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulannya adanya pengaruh metode bercerita berbasis media gambar berseri terhadap kemampuan pengenalan konsep waktu pada anak tunagrahita ringan.
Kata Kunci: Metode Bercerita, Gambar Berseri, Anak,Tunagrahita
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF STORYTELLING METHOD OF BASED MEDIA PICTURE SERIES TO ABILITY INTRODUCTION THE CONCEPT OF TIME FOR MILD MENTALLY RETARDATION CHILDREN
Name : Rintis Diningtias
Study Program : S-1
Department : Special Education
Faculty : Education Science
Institution : Surabaya State University
Counselor : Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes.
Introduction the concept of time is the understanding to management a good time The mild Mentally Retardation Children have obstacles in understanding the concept, mentally retarded children who have intellectuals below the average, this will affect the cognitive and memories associated with understanding concepts of time, because it is use storytelling method of based media picture series so creating the actual condition of the active and concrete lerning, This research purpose was to prove the existence of storytelling method of based media picture series to ability introduction the concept of time for mild mentally retardation children.
This research uses one group pre-test post-test design, data were analyzed using a level test marked Wilcoxon. n = 7 crisis value of 5%, then Ttable = 2, while T = 0, conclusion is becomes T < Ttabel, Ho is rejected and Ha is accepted. Conclusion the existence of influence storytelling method of based media picture series to ability introduction the concept of time for mild mentally retardation children.
Keywords: Storytelling, Picture Series, Mental Retardation.