ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA, PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI), DAN ASPHALT INSTITUTE PADA RUAS JALAN SEMARANG, KOTA SURABAYA.
ROAD DAMAGE ANALYSIS USING BINA MARGA METHOD, PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI), AND ASPHALT INSTITUTE IN SEMARANG ROADS, SURABAYA CITY.
ABSTRAK
Nama : Vira Emmanuela
NIM : 18050724063
Program Studi : S1 Teknik Sipil
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Yogie Risdianto, S.T., M.T.
Jalan Semarang merupakan wilayah yang padat penduduk dan sering dilintasi oleh beberapa jenis kendaraan seperti kendaraan berat, kendaraan ringan, sepeda motor dan kendaraan tidak bermotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan Semarang serta penanganannya.
Penelitian analisis kerusakan jalan ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan beberapa tahapan yaitu tahapan persiapan seperti melakukan pra survei dan studi literatur, tahapan pelaksanaan penelitian seperti survei kerusakan dan survei LHR, dan tahapan analisis data seperti mengolah data sesuai yang dibutuhkan dengan menggunakan metode Bina Marga, PCI dan Asphalt Institute serta penanganan kerusakan jalan. Hasil akhir perhitungan Metode Bina Marga adalah urutan prioritas dan bentuk program pemeliharaan yang sesuai dengan nilai yang didapat. Hasil akhir Metode PCI adalah kondisi perkerasan jalan dalam kondisi tidak bagus hingga sempurna. Hasil akhir Metode Asphalt Institute memiliki penilaian kondisi perkerasan Low, Medium dan High.
Hasil dari analisis data pada ruas Jalan Semarang dengan menggunakan beberapa metode yaitu didapatkan untuk metode Bina Marga segmen 1 memiliki nilai urutan prioritas sebesar 11 dan pemeliharaan rutin, segmen 2 memiliki nilai urutan prioritas sebesar 11 dan pemeliharaan rutin, segmen 3 memiliki nilai urutan prioritas sebesar 7 dan pemeliharaan rutin, segmen 4 memiliki nilai urutan prioritas sebesar 5 dan pemeliharaan berkala, segmen 5 memiliki nilai urutan prioritas sebesar 6 dan pemeliharaan berkala, segmen 6 memiliki nilai urutan prioritas sebesar 5 dan pemeliharaan berkala. Metode PCI pada tiap segmen memiliki tingkat kondisi berbeda, seperti segmen 1 dan segmen 2 memiliki nilai PCI sebesar 100 dan memiliki tingkat kondisi perkesaran yang sempurna, segmen 3 memiliki nilai PCI sebesar 45 denga tingkat perkerasan buruk, segmen 4 memiliki nilai PCI sebesar 65 dengan tingkat perkerasan baik, segmen 5 memiliki nilai PCI sebesar 62 dengan tingkat perkerasan baik, segmen 6 memiliki nilai PCI sebesar 69 dengan tingkat perkerasan baik. Metode Asphalt Institute pada tiap segmen memiliki nilai kondisi perkerasan yang sama, yaitu diatas 80, maka pemeliharaan jalan hanya memerlukan pemeliharaan rutin. Strategi untuk penanganan kerusakan jalan pada ruas Jalan Semarang, Kota Surabaya, menurut Metode Bina Marga terhadap kerusakan yang terjadi adalah P2 (laburan aspal setempat), P3 (melapisi retak), P5 (penambalan lubang), dan P6 (perataan). Dapat disimpulkan bahwa kondisi perkerasan pada ruas Jalan Semarang termasuk masih baik atau masih bagus atau masih layak, sehingga kondisi perkerasan Jalan Semarang hanya perlu dilakukan pemeliharaan rutin dan pemeliharaan berkala saja.
Kata Kunci : Bina Marga, PCI, Asphalt Institute
ABSTRACT
Name : Vira Emmanuela
Study Program : S1 Civil Engineering
Name of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Yogie Risdianto, S.T., M.T.
Semarang Road is a densely populated area and is often crossed by several types of vehicles such as heavy vehicles, light vehicles, motorbikes and non-motorized vehicles. The aim of this research is to determine the type of damage that occurred on Semarang road and how to handle it.
This road damage analysis research uses quantitative methods by carrying out several stages, namely preparation stages such as conducting pre-surveys and literature studies, research implementation stages such as damage surveys and LHR surveys, and data analysis stages such as processing data as needed using the Bina Marga methods, PCI methods and Asphalt Institute methods and handling road damage. The final result of the Bina Marga method calculation is the order of priority and form of maintenance program that is in accordance with the values obtained. The final result of the PCI method is that the road pavement is in poor to perfect condition. Final results Asphalt Institute method have an assessment of the condition of the pavement Low, Medium and High.
The results of data analysis on the Semarang road section using several methods are obtained for the Bina Marga method, segment 1 has a priority order value of 11 and routine maintenance, segment 2 has a priority order value of 11 and routine maintenance, segment 3 has a priority order value of 7 and routine maintenance, segment 4 has a priority order value of 5 and periodic maintenance, segment 5 has a priority order value of 6 and periodic maintenance, segment 6 has a priority order value of 5 and periodic maintenance. The PCI method in each segment has a different level of condition, such as segment 1 and segment 2 have a PCI value of 100 and have a perfect level of pavement condition, segment 3 has a PCI value of 45 with a level of poor pavement, segment 4 has a PCI value of 65 with a level of good pavement, segment 5 has a PCI value of 62 with a good pavement level, segment 6 has a PCI value of 69 with a good pavement level. Asphalt Institute method each segment has the same pavement condition value, namely above 80, so road maintenance only requires routine maintenance. The strategy for handling road damage on Semarang road, Surabaya City, according to the Bina Marga method for damage that occurs is P2 (local asphalt covering), P3 (covering cracks), P5 (pothole filling), and P6 (leveling). It can be concluded that the condition of the pavement on the Semarang Road section is still good or still good or still decent, so that the condition of the Semarang Road pavement only needs routine maintenance and periodic maintenance.
Keyword : Bina Marga, PCI, Asphalt Institute