pemahaman siswa dalam mempelajari materi merupakan indikator keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. siswa yang telah melampaui standar minimal kelulusan diberikan proses pembelajaran tambahan. proses pembelajaran tersebut disebut dengan kegiatan pengayaan. pembelajaran pengayaan memberikan pelayanan kepada peserta didik yang memiliki kecerdasan lebih dengan tantangan belajar yang lebih tinggi untuk membantu mereka mencapai kapasitas optimal dalam belajarnya. tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran, serta kelayakan media.
model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian 4-D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap Pendefinisian, tahap Perancangan, tahap Pengembangan, dan tahap Penyebaran. penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap Pengembangan. teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka lembar telaah ahli materi dan ahli media, angket tertutup lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil skor presentase di peroleh berdasarkan perhitungan skor skala likert dan guttman.
hasil penelitian menunnjukkan skor 85 persen dari validasi ahli materi dengan kriteria sangat layak, 89 persen ahli media dengan kriteria sangat layak.sehingga secara keseluruhan didapat skor presentase sebesar 87 persen, dan dapat disimpulkan bahwa media pengayaan ular tangga 3D sangat layak digunakan sebagai alternatif media pengayaan pada materi kas kecil.
students understanding of material in the learning process is one of indicators of teaching and learning activities success. student who gets above the minimum standard score are given an additional learning process. the learning process is called enrichment activities. enrichment activities provide services to learners who have more intelligence with higher learning challenges to have them achieve the optimal capacity in their learning. one of media that can attract student interest is the media associated with games. the purpose of this study is to produce learning media products, to know the media feasibility.
the development model used is a ADDIE model that consist four stages define, design, development, and disseminate. this study is limited only to the development stage. the data collection techniques used are open questionnaires the validation sheet of material experts, and media expert. the result of the percentage score is obtained based on likert and guttman scores.
the result shows the score of 85 percent got from the validation of material expert with very feasible criteria, 89 percent from the validation of media experts with very feasible criteria. so, the average percentage score got is 87 percent and it can be concluded that the media of 3D snakes and ladders is feasible to be used as an alternative media in the enrichment learning on the material of petty cash.