Penerapan Media Video Pembuatan Batik Cap Pada Mata Pelajaran Desain Kreatif Tekstil Di SMKN 12 Surabaya
Application Of Stamped Batik Video Media On Textile Creative Design Subjects at SMKN 12 Surabaya
Media Video. adalah media bahan ajar yang berisi prinsip, konsep, informasi, teori aplikasi, dan prosedur pengetahuan berserta gambar dengan suara untuk disampaikan ke siswa dengan tujuan membantu pemahaman siswa selama proses pembelajaran. Penelitian bertujuanuntuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pembuatan batik cap dengan media video serta mengetahui hasil belajar tes kognitif dan tes psikomotor siswa menggunakan media video pembuatan batik cap kelas XII desain kreatif tekstil di SMK Negeri 12 Surabaya setelah diterapkan media video. Jenis penelitian menggunakan Pre-Experimental Design dengan jenis One-Shot Case Study. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Instrument pengumpulan data menggunakan tes kinerja dan lembar observasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif untuk mengetahui proses pembelajaran dikelas memakai media video, beserta analisis data hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa memakai media video pembuatan batik cap. Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses pembelajaran dengan menerapkan media video pembuatan batik cap pada mata pelajaran desain kreatif tekstil berhasil dilaksanakan sangat baik serta skor yang didapatkan memperoleh 93% untuk aktivitas guru dan skor sebesar 94% aktivitas siswa dan 2) hasil belajar tes kognitif dan tes psikomor siswa pada mata pelajaran desain kreatif tekstil pada materi pembuatan batik cap mencapai ketuntasan hasil belajar sebesar 94%.
Video Media is a medium of teaching materials that contains principles, concepts, information, application theory, and procedures knowledge with pictures with sound for delivered to students with the aim of helping understanding students during the learning process. Research aims to
knowing the implementation of learning to make batik stamp with video media and find out test learning results cognitive and psychomotor tests of students using video media the manufacture of batik for class XII creative textile design at SMK Negeri 12 Surabaya after the application of video media. Typeresearch using Pre-Experimental Design with One-Shot Case Study type. Method of collecting data using observation techniques and learning outcomes tests. The data collection instrument used a performance test and observation sheet. Technical data analysis using descriptive to know the learning process in class using video media, along with data analysis of learning outcomes to find out student learning outcomes using video media batik cap making. The results showed: 1) the process learning by applying video media making stamped batik in textile creative design subjects is successful implemented very well and the score obtainedget 93% for teacher activities and a score of 94% student activities and 2) learning outcomes of cognitive tests and tests student psychomor in the subject of textile creative design