Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android berdasakan gaya belajar siswa khusus pada mata pelajaran jaringan dasar pada materi jaringan local area network(LAN) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan motivasi siswa. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui studi literatur, wawancara, kuesioner atau angket. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental design dengan tipe nonequivalent control group design, dengan penerapan pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah analisis intrumen pembelajaran (RPP, butir soal, kuesioner gaya belajar, angket motivasi, media). Untuk analisis hasil belajar mennggunakan analisis yaitu uji normalitas dan uji Paired sample T-test. Untuk mengukur motivasi peserta didik digunakan angket motivasi. Populasi yang dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X pada SMK Neeri 1 Pungging jurusan TKJ( Teknik Komputer dan Jaringan).
Berdasarkan validasi dari ahli media, media pembelajaran ini mendapatkan presentasi sebesar 90% dan masuk dalam kategori sangat layak. Serta hasil validasi angket hasil validasi angket motivasi sebesar 88,2% dan masuk dalam katagori sangat layak. Penelitian ini di lakukan dikelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 di SMA Negeri 1 Pungging, untuk melihat hasil belajar dari penelitian ini, siswa di berikan pre-test dan post-test dan untuk mengetahui motivasi siswa, siswan diberikan angket.
Hasil analisis yang telah dilakukan dengan uji Paired Simple T-test menunjukkan hasil 0.000 lebih kecil dari taraf signifikasi sebesar α = 0.05 sehinnga menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media gaya belajar berbasis android. Hasil angket motivasi siswa sebelum di berikan di berikan media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 70.43 sedangkan setelah diberikan media mendapatkan rata-rata sebesar 86.7, serta siswa yang mengalami peningkatan motivasi sebanyak 28 siswa dan jika di presentasekan sebesar 93.3% dan masuk dalam kategori sangat tinggi. Hal ini dapat membuktikan bahwa dengan media pembelajaran berbasis android dengan berdasarkan gaya belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa.
Kata kunci: Android, Gaya belajar, Jaringan local area network(LAN), Hasil belajar, Motivasi
This research aims to develop an Android-based learning media with a special style of student learning in the subjects of basic network of local network material area network (LAN) to improve student learning outcomes and improve Students ' motivation. The technique of collecting data is through literary studies, interviews, questionnaires or polls. This research uses design quasi experimental with the type of Nonequivalent control group design, with the application of pretests and Posttest. The analysis of the data used is analysis of learning instruments (RPP, problem items, learning style questionnaires, motivational polls, media). For analysis of learning results use analysis of normality test and test Paired T-test Sample. To measure the motivation of students used motivational poll. The population in this study is a class X student at SMK Neeri 1 Pungging majoring in TKJ (computer and network engineering).
Based on the validation of the media experts, this learning medium gets a presentation of 90% and is in a very decent category. As well as the results of a poll validation result of motivational poll of 88.2% and inside the category is very decent. This study was done in class X TKJ 1 and X TKJ 2 in SMA Negeri 1 Pungging, to see the results of learning from this study, students are given pre-test and post-test and to know the motivation of the students, students are awarded a poll.
The results of the analysis that has been done with Paired Simple T-Test show the 0.000 results are smaller than the signification level of α = 0.05 one indicates the difference in learning outcomes before and after using the media-based learning style Android. The results of the students ' motivation poll before giving in give media get an average rating of 70.43 whereas after given the media received an average of 86.7, as well as students who experienced an increased motivation as much as 28 students and if in A percentage of 93.3% and entry in a very high category. It can prove that with Android based learning media based on learning style students can improve student learning outcomes and motivation.
Keywords: Android, learning style, local network area network (LAN), learning results, motivation